Sukses

Menag Lukman: Kuota Haji Indonesia Sama Seperti Tahun Lalu

Permintaan kuota tambahan sebesar 10 ribu jemaah yang diajukan Presiden Jokowi, belum dipenuhi pada tahun ini.

Liputan6.com, Tangerang - Kuota jemaah haji Indonesia masih sama seperti tahun lalu, yakni 168 ribu jamaah. Hal tersebut dikatakan Menteri Agama Lukman Hakim Syaifudin di Ruang VIP Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta (Soetta) Kota Tangerang usai tiba dari Arab Saudi.

"Sama saja seperti tahun lalu, 168 ribu orang. Belum ada penambahan," ungka Lukman, Rabu (16/3/2016).

Permintaan kuota tambahan sebesar 10 ribu jemaah yang diajukan Presiden Jokowi, belum dipenuhi pada tahun ini. Meski begitu, Lukman mengaku, permintaan tersebut masih dalam pertimbangan pemerintahan Arab Saudi.

"Mereka menyampaikan, kalau kuota permintaan Indonesia masih pertimbangan. Mengenai waktunya kapan, nanti biar mereka yang menyampaikan langsung," kata Lukman.

Lukman menyatakan, dalam pertemuan perwakilan sejumlah negara dengan pemerintahan Arab Saudi, pemerintah Arab menjelaskan kalau tahun ini tidak ada penambahan kuota. Sebabnya, proses renovasi Masjidil Haram masih berlangsung.

Hingga saat ini, Kementerian Agama dan Komisi VIII DPR RI masih membahas besaran biaya ibadah haji. Bila sudah selesai, diharapkan para calon jamaah haji yang akan berangkat tahun ini, untuk segera melunasinya.

"Kalau tidak jadi berangkat, bisa digantikan dengan nomor urut selanjutnya,"pungkas Lukman Hakim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini