Sukses

Kapal China di Perairan Argentina Ditembak

Penjaga pantai mengatakan mereka pertama kali mengabarkan keberadaan kapal tersebut melalui radio.

Liputan6.com, Jakarta - Penjaga pantai Argentina melaporkan telah mengejar dan menenggelamkan kapal China yang sedang memancing secara ilegal di perairan Argentina, Senin 14 Maret 2016.

"Salah satu kapal melepaskan tembakan peringatan ke Lu Yan Yuan Yu 010, karena menuju perairan internasional," kata penjaga pantai Argentina melalui sebuah pernyataan yang dikutip dari BBC, Rabu (16/3/2016).

"Pada beberapa kesempatan, kapal melakukan manuver yang dirancang untuk memaksa tabrakan dengan penjaga pantai, tidak hanya membahayakan awak tapi personel penjaga pantai sendiri, yang kemudian memerintahkan untuk menembak bagian dari kapal," kata pernyataan penjaga pantai di Spanyol.

Penjaga pantai mengatakan mereka pertama kali mengabarkan keberadaan kapal tersebut melalui radio.

"Semua orang, 32 anggota awak diselamatkan," katanya.

Sementara itu, pihak China telah menyatakan keprihatinan serius atas tenggelamnya kapal itu.

"Beijing telah mengirimkan perwakilan darurat ke Argentina, menuntut penyelidikan menyeluruh dari insiden tersebut," jelas juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Lu Kang dalam sebuah pernyataannya.

Illegal fishing adalah masalah umum di wilayah tersebut.

Insiden itu terjadi meskipun hubungan Argentina dengan China tengah tumbuh lebih dekat dalam beberapa tahun terakhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini