Sukses

Banjir, Akses Pangalengan-Bandung Terputus

Banjir menggenangi jalan utama hingga setinggi setengah meter lebih.

Liputan6.com, Bandung - Akses utama Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung menuju Kota Bandung, Jawa Barat terputus, Minggu (13/3/2016). Terputusnya jalan tersebut lantaran jalan utama dan ratusan rumah di Banjaran, Kabupaten Bandung, terendam banjir.

Banjir terjadi di jalan dekat dengan pertigaan arah Banjaran-Pangalengan. Ratusan warga setempat ada yang sibuk mengungsi memindahkan kasur dan barang elektronika ke jalan, ada pula yang sibuk mengatur lalu lintas dengan cara menutup akses jalan.

"Banjir-banjir! Teu tiasa liwat (tidak bisa lewat)," teriak salah seorang warga mencoba mengalihkan lalu lintas. Alhasil, baik kendaraan mobil dan motor langsung berputar arah.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com di lapangan, banjir menggenangi jalan utama tersebut hingga melewati lutut orang dewasa. Belum lagi permukiman yang ada di sekitarnya juga ikut terendam banjir.

Alhasil, lalu lintas pun dialihkan warga masuk ke gang dua jalur Jalan Ciherang. "Jalan Ciherang, alternatif yang menghubungkan Banjaran dan Soreang," ujar salah seorang warga yang tengah sibuk mengatur lalu lintas.

Lantaran semua lalu lintas dialihkan ke jalan sempit ini, kemacetan pun terjadi. Baik mobil dan motor hanya bisa berjalan bergantian dua arah. Saking macetnya, petugas TNI pun ikut turun tangan membantu melancarkan arus lalu lintas.

"Duh macet banget, sudah 45 menit begini enggak gerak (akibat banjir)," aku Rangga, salah seorang pengendara yang hendak pulang ke Dago, Kota Bandung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini