Sukses

Takjubnya JK Saat Lihat Gerhana Matahari Total di Sigi

Untuk fenomena alam serupa, JK berharap di masa depan dapat diketahui lagi dampak secara spesifik, khususnya terhadap makhluk hidup.

Liputan6.com, Palu - Wakil Presiden Jusuf Kalla melihat gerhana matahari total di Lapangan Kota Palu, Sigi, Sulawesi Tengah, Rabu (9/3/2016). Menurut dia, fenomena alam tersebut sangat indah untuk disaksikan.

"Indah sekali. Matahari yang 150 juta km dan bulan yang jaraknya kurang lebih 40 juta km dapat diketahui posisinya pas dan betul-betul pas," kata JK di Sigi, Sulawesi Tengah.

Mantan Ketua Umum Golkar itu menegaskan, itu semua bukanlah atas kemampuan manusia, melainkan kebesaran Allah yang memberikan hikmah bagi manusia untuk memprediksi fenomena alam itu. JK menikmati gerhana yang berlangsung selama 2 menit 22 detik.

"Itu kan kebesaran Allah dalam ilmu pengetahuan manusia yang sangat tinggi," tutur dia.

JK juga menyampaikan fenomena gerhana matahari ini telah menjadi kesempatan emas bagi daerah Sulawesi Tengah, terutama Sigi dan Poso, menjadi terkenal di dunia internasional.

"Paling penting mereka mengenal Sulteng, Poso dan Sigi karena ini pasti jadi perdagangan internasional kan. Jadi bagi kita ini reklame gratis. Apabila kita melayani dan memperlihatkan hal-hal yang indah, itu juga suatu hal yang murah sebenarnya," jelas JK.

Untuk fenomena alam serupa, JK berharap di masa depan dapat diketahui lagi dampak secara spesifik, khususnya terhadap makhluk hidup seperti manusia, binatang, atau tumbuhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini