Sukses


Ketua MPR Bandingkan Konstitusi Indonesia dengan Dunia Barat

Menurut Ketua MPR, penyusunan konstitusi dan sistem ketatanegaraan Indonesia dengan dunia barat dan timur memang berbeda.

Liputan6.com, Jakarta Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan pemikiran Soekarno tentang Pancasila sempat mendapat pujian dari para pengamat barat. Mereka memuji Soekarno sebagai negarawan yang ulung, karena tidak meniru pola barat maupun timur, baik dalam menyusun konstitusi maupun sistem ketatanegaraan.

Menurut zulkifli, penyusunan konstitusi dan sistem ketatanegaraan Indonesia dengan dunia barat dan timur memang berbeda.

"Dunia barat menyusun konstitusi dan sistem ketatanegaraannya berdasarkan kesamaan suku, budaya, ras dan agama warganya. Sementara Indonesia memiliki lebih dari 17 ribu pulau, ratusan bahasa, ratusan adat istiadat dan keberagaman agama. Karena itu, memang harus berbeda antara sistem ketatanegaraan dan konstitusi Indonesia dengan dunia barat maupun timur," ujar Zulkifli di Pondok Pesantren Wali Barokah, Kediri, Jawa Timur, Kamis (10/3/2016).

Pancasila sebagai dasar dan ideologi bangsa, kata Zulkifli seperti yang disampaikan Soekarno, diambil dan dikumpulkan dari nilai-nilai yang berkembang dalam masyarakat. Karena itu sesungguhnya tidak ada yang perlu dibedakan, apalagi sampai dibenturkan antara Pancasila dan nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat.

"Pancasila kalau di ringkas menjadi cinta kasih, dipanjangkan lagi cinta kasih, kekeluargaan dan gotong royong, kalau dipanjangkan lagi ditambah musyawarah mufakat, kalau tidak ada itu bukan pancasila," kata Zulkifli menambahkan.

Karena itu, kata Zulkifli, semua kelompok masyarakat harus terus mendukung. Ikut berusaha memajukan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, bukan malah mempersoalkan perbedaan.

Kehadiran Zulkifli di Kediri dalam rangka mengikuti acara pengajian, Khataman Kitab Sarah Asmaul Khusna dan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI. Kedatangan Zulkifli disambut ratusan santri Pondok Pesantren Wali Barokah dan masyarakat Kediri.

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.