Sukses

3 Pagelaran Unik Saat Gerhana Matahari Total

Di Palembang, semua hotel yang menyambut gerhana matahari total akan menyajikan makan paginya di Jembatan Ampera.

Liputan6.com, Jakarta - Kurang 2 hari lagi, gerhana matahari total (GMT) menyapa Indonesia pada 9 Maret 2016. Masyarakat lokal maupun internasional bersuka cita menyambut datangnya fenomena alam tersebut.

Mereka menyebar di 12 wilayah yang menjadi tempat perlintasan gerhana matahari. Tak ingin mengecewakan wisatawan, pemda setempat menyiapkan sejumlah agenda untuk menyemarakkan peristiwa langka itu. 

Sebut saja di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Pemda setempat akan menggelar acara pesta laut saat terjadi gerhana matahari. Tak hanya itu, pagelaran unik lainnya juga bakal berlangsung di Makassar, Sulawesi Selatan.

Bagaimana ulasannya? Ini dia:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pesta Laut

GMT akan terjadi di Pulau Kalimantan pada 9 Maret 2016. Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, akan menggelar pesta laut saat fenomena langka itu terjadi untuk mendongkrak sektor pariwisata.

"Momentum bagus bagi Balikpapan dalam mengembangkan sektor pariwisata," kata Dinas Pemuda, Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Balikpapan, Oemy Fasesly, belum lama ini.

Oemy mengatakan, GMT di Balikpapan akan terjadi selama 3 menit antara pukul 07.30 hingga 08.00 Wita. Kota Balikpapan seluruhnya akan gelap gulita, tertutup bayangan bulan yang sejajar di antara Bumi dan Matahari.

Pesta laut Pantai Manggar akan menampilkan kuliner tradisional asli Kalimantan, berikut olah raga khas masyarakat lokal setempat. Oemy menyebutkan, rangkaian pesta laut ini juga dilaksanakan di Lapangan Merdeka, bersamaan waktunya dengan GMT.

3 dari 4 halaman

Festival Gerhana Matahari

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mengagendakan pagelaran kegiatan unik yang bernuansa religius, pendidikan dan budaya dalam menyambut hadirnya fenomena alam, gerhana matahari total, Rabu 9 Maret mendatang.

Kegiatan yang berpusat di anjungan Pantai Losari tersebut akan diikuti 10 ribu pelajar se-Kota Makassar. Mereka diajak untuk bersama-sama menyaksikan detik-detik berlangsungnya gerhana matahari sekaligus melaksanakan salat gerhana matahari secara berjamaah.

"Kegiatan yang kita adakan namanya Festival 'Battu Rattema' Ri Bulang' (saya sudah pernah ke bulan) Di mana melalui tema itu, kita ingin mengedukasi pelajar Makassar untuk sama-sama belajar memahami fenomena alam yang sangat jarang terjadi ini," kata Wali Kota Makassar Moh Ramadhan Pomanto di Makassar, Rabu 2 Maret 2016.

Banyak pelajaran penting yang dapat diambil di balik peristiwa alam langka tersebut. Dengan menghadirkan beberapa pihak, termasuk ahli–ahli astronomi dalam kegiatan, diharapkan pelajar akan mendapatkan penjelasan mengenai fenomena alam itu.

4 dari 4 halaman

Sarapan di Jembatan Ampera

Beragam aktivitas menarik dipersiapkan bagi wisatawan saat menyambut gerhana matahari total pada 9 Maret 2016. Salah satunya menikmati sarapan di atas Jembatan Ampera, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Ketua Pengusaha Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumsel Erlan Aspiudin mengatakan, semua hotel yang menyambut gerhana matahari total akan menyajikan makan paginya di Jembatan Ampera Palembang.

"Hal ini karena Jembatan Ampera akan dijadikan salah satu tempat untuk menyaksikan kejadian alam tersebut," kata Erlan, Selasa 1 Maret 2016, seperti dikutip dari Antara.

Menurut Erlan, semua hotel telah dihubungi dan mereka menyatakan siap menyediakan sarapan di jembatan yang menjadi kebanggaan masyarakat Sumsel itu.

 

*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar mulai pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini