Sukses

JK Usul Pemilu dengan Sistem Contreng Pakai Pulpen

Menurut JK, sistem pemilu dengan mencoblos pakai paku adalah cara kuno.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri acara Bawaslu Award 2016 di Balai Sarbini, Jakarta. Ia mengapresiasi tiap pihak yang sudah berjuang dan membantu penyelenggaraan pemilu berjalan dengan baik.

"Saya ingin mengucapkan selamat dan terima kasih pada Anda semua, karena Anda sebagai bagian penyelenggara pemilu telah menjalankan tugas sebaik-baiknya sehingga pemilu, pilkada berjalan dengan baik dan aman," kata JK di Balai Sarbini, Jakarta, Senin 29 Februari 2016.

JK menuturkan, Indonesia sempat menjadi negara dengan pemilu terbanyak di dunia. Secara rata-rata per tahunnya ada 100 pemilu. Namun, hal itu sudah diminimalisir dengan penyelenggaraan secara serentak.

"Hanya dengan demokrasi yang baik, pemilu yang baik, dapat melahirkan pemerintahan yang baik," ujar dia.

Satu hal yang masih menjadi catatan penting JK soal pemilu adalah penyelenggaraannya yang masih kuno. Menurut mantan Ketua Umum Golkar itu, proses pemilihan masih memakai sistem coblos, sementara di negara lain cara itu sudah ditinggalkan.


"Tinggal 2 negara, salah satunya di Indonesia yang pemilunya kuno yakni pakai paku, dicoblos. Dulu saya sempat ubah yakni pakai pulpen lebih berbudaya sedikit. Tolong dipertimbangkan lagi pakai pulpen supaya lebih berbudaya. Buta huruf kan bisa diajar, intinya lebih," tutur JK.

Dalam kesempatan ini, JK memberikan penghargaan Bawaslu Award 2016 kepada beberapa penerima. Berikut daftarnya:

1. Sulawesi Tengah: Kategori Pemprov yang mengakomodasi anggaran pengawasan pilkada terbaik.

2. Belitung Timur: Kategori Kabupaten yang memfasilitasi anggaran pengawasan pilkada terbaik.

3. Cilegon: Kategori Pemkot yang memfasilitasi anggaran pengawasan pilkada terbaik.

4. Purbalingga: Kategori pengawas pemilihan kecamatan terbaik

5. Kelurahan Tanjung Ungga, Bukit Bestari, Kepulauan Riau: Kategori pengawas pemilihan lapangan terbaik.

6. TPS 14 Ranai Kota, Kepulauan Riau: Kategori pengawas TPS pilkada terbaik. Penghargaan kategori ini diberikan pada Desy Ratnasari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Pemilu