Sukses

Kebanjiran, 199 Tahanan Rutan Sampang Pindah Sel

Ketinggian genangan air di Rutan Sampang, Madura, mencapai 1 meter.

Liputan6.com, Sampang - Sebanyak 199 tahanan dan narapidana di Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Sampang, Jawa Timur, dipindah ke ruangan lain. Sebab, sel yang selama ini mereka tempati terendam banjir.

Kepala Rutan Klas II B Sampang, Lindu Prabowo mengatakan, ketinggian genangan air di rutan yang terletak di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Sampang ini mencapai 1 meter.

Lindu menjelaskan, sebenarnya jumlah total penghuni Rutan Klas IIB Sampang itu sebanyak 204 orang. Mereka terdiri dari 199 narapidana dan tahanan laki-laki, dan lima sisanya merupakan narapidana perempuan.

"Tapi lokasi narapidana perempuan ini tidak tergenang banjir karena lokasinya lebih tinggi. Kalau yang ditempati narapidana laki-laki tergenang banjir," ucap Lindu seperti dilansir Antara, Sabtu (27/2/2016) malam.

Ia menjelaskan, ke-199 narapidana dan tahanan laki-laki itu, untuk sementara dipindah ke lantai II.

Meski telah berulang kali terjadi banjir di Kota Sampang, selama ini genangan air tidak sampai memasuki halaman penjara, karena lokasi penjara tinggi. "Baru kali ini, penjara terendam banjir, sehingga para penghuni Rutan terpaksa harus dipindah," beber Lindu.

Banjir akibat luapan Sungai Kalikemuning di Sampang, Madura, Jawa Timur ini terjadi sejak Jumat 26 Februari 2016 pagi. Saat itu banjir hanya menggenangi sejumlah ruas jalan di Kota Sampang. Namun pada sore harinya, banjir mulai memasuki perkampungan penduduk dan pada tengah malam banjir kian meluas.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Sampang menyebutkan sedikitnya 12 desa/kelurahan di Kota Sampang telah terendam banjir akibat luapan Sungai Kalikemuning itu. Hingga Sabtu petang tadi arus di Sungai Kalikemuning, Sampang, masih terpantau sangat deras dan belum ada tanda-tanda banjir akan surut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini