Sukses

Menko Luhut: 60 Persen Penghuni Penjara Terkait Narkoba

Oleh karena itu, dia meminta agar seluruh kementerian dan lembaga memeriksa acak pegawainya.

Liputan6.com, Jakarta - Narkoba menjadi salah satu fokus pemerintahan Jokowi-JK. Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan menyebut narkoba lebih berbahaya dari teroris.

"Narkoba, ancaman ini lebih serius daripada teroris. Ini sudah masuk ke semua level pendidikan, suku, dan sebagainya," tegas Luhut di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (24/2/2016).

Salah satu cara untuk mencegah peredaran narkoba agar tidak makin liar adalah deteksi dini. Oleh karena itu, dia meminta agar seluruh kementerian dan lembaga memeriksa acak pegawainya, kemudian menindak individu yang terlibat narkoba.

"Saya harap juga teman di daerah dan pusat lakukan random check, urine test. Sekali kena narkoba, sulit disembuhkan, dan pasti ada hubungan dengan HIV," kata Luhut.

Mantan Kepala Staf Presiden itu mengungkap, saat ini, mayoritas penghuni penjara adalah tahanan/napi kasus narkoba. Bahkan, 70 persen peredaran narkoba terjadi di penjara.

"Isi penjara 60 persen terdiri orang terkena drugs. 70 Persen aktivitas drugs itu di penjara," ucap dia.

"‎Jadi, pengedar narkoba kita pisahkan dan diharapkan distribusi narkoba bisa kita rusak," ucap Luhut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.