Sukses

95 KK di Kalijodo Pindah ke Rusun

Warga Kalijodo yang berhak mendapat rusun sebanyak 202 KK, namun baru 95 KK yang pindah.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 95 kepala keluarga (KK) di Kalijodo sudah menempati rumah susun (rusun) Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. Mereka sudah menyelesaikan administrasi sehingga dapat pindah ke rusun secara gratis selama 3 bulan pertama.

"Kami mengangkut mereka dengan 20 bus dan 6 truk untuk memindahkan barang-barang mereka," ujar Camat Penjaringan Abdul Khalit di Kalijodo, Senin (22/2/2016).

Menurut dia, yang mendapat rumah susun itu adalah semua warga yang telah menyerahkan berkas seperti KTP, Kartu Keluarga, dan bukti kepemilikan tempat tinggal.

 

Warga Kalijodo mulai pindah ke Rusun Marunda


"Kita akan cek, kalau ada PBB (Pajak Bumi dan Bangunan), kalau yang ngontrak kita nggak bisa, sebab nggak ada aturannya," jelas Abdul Khalit.


Menurut Abdul, 50 persen warga Kalijodo berhak mendapat rusun di Marunda.

"Yang berhak itu ada 202 KK, sampai kemarin sudah 95 KK kami pindahkan," ujar Abdul.

Abdul menegaskan, pemerintah hanya memindahkan warga yang memiliki KTP DKI Jakarta dan bukti kepemilikan tempat tinggal.

"Kita hanya memindahkan warga yang jelas saja. Kalau ada yang tak ber-KTP DKI, kita kasih transportasi untuk pulang kampung," ujar dia.

Namun besaran uang transportasi yang diberikan tak dijelaskan Abdul Khalit. "Kalau sampai kemarin sudah 5 orang yang kami pulangkan, dikasih biaya transportasi. Tapi, sudah banyak yang pulang kampung sendiri," jelas Khalit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.