Sukses

Tagih Janji Pengangkatan, Guru Honorer Demo di Depan Istana

Beberapa di antaranya datang dari Jawa Timur, Sumatera Selatan, Lampung, Sumatera Barat, Bali, bahkan Papua.

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan guru honorer yang tergabung dalam Forum Honorer Kategori 2 (FHK2I) menggelar unjuk rasa di seputaran Monas dan Istana Kepresidenan hari ini. Mereka menuntut janji pemerintah yang akan mengangkat mereka sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Pantauan Liputan6.com, para guru honorer tersebut memadati lapangan Monas di muka Jalan Medan Merdeka Utara sejak pukul 08.00 WIB. Sambil mendapatkan pengawalan dari kepolisian, beberapa peserta unjuk rasa terus menyampaikan aspirasinya melalui pengeras suara.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, para guru ini tidak hanya datang dari Jakarta dan sekitarnya. Beberapa di antaranya datang dari Jawa Timur, Sumatera Selatan, Lampung, Sumatera Barat, Bali, bahkan Papua.

Sebelum, berunjuk rasa di Istana, para guru terlebih dahulu diarahkan oleh polisi menuju lapangan IRTI Monas dan kemudian bersama-sama berjalan ke Jalan Medan Merdeka Utara depan Istana Kepresidenan, Jakarta.

Sementara itu, depan Istana Kepresidenan dijaga ketat polisi. Terlihat 2 kendaraan barracuda dan satu kendaraan taktis yang bersiaga di jalan depan Istana. Puluhan aparat juga bersiaga dan melengkapi diri dengan peralatan antihuru-hara.

Kendati demikian, belum terlihat adanya pemasangan kawat berduri. Jalan sekitar Istana juga belum ditutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.