Sukses

Menteri Tjahjo Jamin Seluruh Eks Gafatar Pulang Kampung

Tjahjo mengatakan pemerintah akan terus membina para eks Gafatar.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah merelokasi ribuan warga eks kelompok Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) dari Mempawah, Kalimantan Barat. Mereka dipulangkan ke daerah asal masing-masing.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menjamin mereka dapat pulang ke daerah asalnya. Untuk menjamin hal tersebut, pihaknya telah mengirim telegram kepada kepala daerah, baik itu gubernur, bupati dan walikota di daerah tempat eks Gafatar berasal.

"Pemulangan melalui TNI dari penampungan sementara di tempat terpadu, bukan tahap akhir penyelesaian. Justru awal dari bagaimana proses ke depan," kata Tjahjo usai rapat koordinasi dengan Menko PMK Puan Maharani di kantornya, Jakarta, Selasa (2/2/2016).

Tjahjo menjelaskan, Gafatar merupakan organisasi hasil pecahan dan pengembangbiakan organisasi serupa sebelumnya. Yang mana organisasi ini dilarang oleh pemerintah.

 

Ia mengatakan pemerintah akan terus membina para eks Gafatar ini. Diakui Tjahjo, tak sedikit dari mereka gabung Gafatar karena dihipnotis, ikut-ikutan dan tidak tahu.

"Pemda harus hadir menjemput warganya, mensosialisasikan masyarakat setempat. Dan juga dijelaskan kepada warga setempat untuk bisa menerima. Itu tidak mudah karena masalah ideologi," kata Tjahjo.

Pihaknya akan mendata keseluruhan warga eks Gafatar selama di penampungan. Mereka akan didata e-KTP sesuai dengan nama, tanggal lahir, dan alamat lengkap.

"Sehingga kita dapat mudah mengawasi. Begitu masuk penampungan, langsung Dukcapil mendata e-KTP,‎" pungkas Tjahjo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini