Sukses

Menko Puan Gelar Rapat Bahas Nasib Eks Gafatar

Puan mengatakan saat ini pemerintah telah memulangkan warga eks Gafatar dari Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat ke 7 provinsi.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani menggelar rapat koordinasi mengenai pemulangan ribuan warga eks kelompok Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar). Puan mengatakan saat ini pemerintah telah memulangkan warga eks Gafatar dari Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. ‎
‎
‎"Pemerintah sudah pulangkan warga eks Gafatar ke 7 Provinsi, mereka saat ini sudah tiba semua, mereka yang telah dipulangkan ditempatkan di balai-balai, ke tempat penampungan yang sudah disiapkan oleh Pemda," ujar Puan Maharani di Kantornya, Jakarta, Selasa (2/2/2016).

Beberapa Provinsi yang menjadi tempat penampungan para eks Gafatar yaitu DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Kalimantan Barat. Dalam rapat tersebut, Puan ingin meminta laporan terkini mengenai penanganan warga yang telah dipulangkan ke kampung halamannya, maupun warga yang hingga kini masih di penampungan.

"Kami ingin mendapatkan laporan dan tindak lanjuti kehadiran mereka. Apakah sudah di jemput oleh seluruh pemda tempat mereka berasal dan gimana penanganan dari tiap kementerian sesuai dengan tupoksi masing-masing," kata Puan. ‎
‎
Rapat itu dihadiri oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansah, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise, Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini