Sukses

Jokowi Dijadwalkan Hadiri ASEAN-US Summit di Amerika

Menurut Retno, forum ASEAN-US Summit adalah pertemuan penting yang membahas hubungan antara Amerika Serikat dengan negara-negara ASEAN.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan kembali bertolak ke Amerika Serikat untuk menghadiri ASEAN-US Summit yang digelar di Sunnyland, Rancho Mirage, California, Amerika Serikat.

"‎Agendanya nanti tanggal 15-16 Februari akan ada ASEAN-US Summit di Sunnyland. Nanti kita konsultasikan kepada Presiden," ujar Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, (1/2/2016).

‎Menurut Retno, forum ASEAN-US Summit merupakan pertemuan penting yang membahas hubungan antara Amerika Serikat dengan negara-negara ASEAN. Terlebih, saat ini ASEAN telah memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang dimulai pada awal 2016 lalu.

"Jadi, ‎ASEAN-US Summit karena tahun kemarin Oktober atau November kita negara-negara ASEAN dengan US memiliki kemitraan yang baru, strategic partnership, kita memiliki plan of action sampai 2020," ucap Menlu.

Mengenai agenda apa saja yang akan dikuti oleh Jokowi, dia mengaku hingga kini masih membahasnya. Termasuk apakah akan ada agenda pertemuan antara Jokowi dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

"Insya Allah Presiden akan hadir, ‎kita sedang bahas intinya, detail programnya nanti kita sampaikan," pungkas Retno. ‎

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan sejumlah menteri Kabinet Kerja telah melakukan kunjungan kerja ke Washington DC, Amerika Serikat pada akhir Oktober 2015 lalu. Dalam kunjungan tersebut, Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Barack Obama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.