Sukses

Jokowi Sambut PM Hungaria di Istana Kepresidenan

‎Kendati cuaca diselimuti hujan, namun upacara penyambutan kenegaraan terhadap PM Orban tetap dilaksanakan.

Liputan6.com, Jakarta - ‎Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan kehormatan Perdana Menteri Hungaria Viktor Orban di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. Kedatangan PM Hungaria itu disambut guyuran yang terjadi siang ini.

‎Kendati cuaca diselimuti hujan, namun upacara penyambutan kenegaraan terhadap PM Orban tetap dilaksanakan. Yang membedakan, upacara yang biasanya digelar di Halaman depan Istana Merdeka, kali ini untuk menghindari hujan, upacara digelar di teras Istana Merdeka.

Pantauan Liputan6.com, PM Orban tiba di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara sekitar pukul 11.10 WIB. Jokowi yang telah menunggu di pelataran Istana Merdeka langsung menyambut PM Orban dan mengajak Viktor untuk menuju teras depan Istana Merdeka guna mengikuti upacara penyambutan.

Upacara diawali iringan lagu kebangsaan kedua negara dan bunyi dentuman meriam sebanyak 21 kali. Dentuman meriam merupakan bagian dari penyambutan tamu negara setingkat kepala negara.

Setelah mengikuti prosesi tersebut, pemimpin kedua negara itu melakukan jajar kehormatan, d‎iiringi korps musik dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Kemudian masing-masing memperkenalkan satu per satu para menteri atau pejabat yang hadir dan langsung ‎masuk ke dalam Ruang Kredensial Istana Merdeka untuk melakukan pertemuan.

Tampak Menteri Kabinet Kerja yang mendampingi Jokowi yakni Menlu Retno LP Marsudi, Mensesneg Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Mendag Thomas Lembong, Menteri ESDM Sudirman Said, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dan Seskab Pramono Anung. Kapolri Jenderah Badrodin Haiti dan Jaksa Agung HM Prasetyo.

‎PM Hungaria datang bersama 5 menterinya. Yaitu Menteri Luar Negeri dan Perdagangan, Menteri Pertanian, Menteri Ekonomi, Menteri Pembangunan Nasional, dan Menteri Negara untuk Pendidikan Tinggi.

Selain itu, turut bersama PM Hongaria sekitar 47 pengusaha yang bergerak di bidang keuangan, energi, perhotelan, manufaktur, dan perkereta-apian.

Dalam pertemuan PM Orban dengan Jokowi, topik yang akan dibahas antara lain peningkatan kerja sama di bidang ekonomi digital, energi terbarukan, pengelolaan air (water management), serta perdagangan dan investasi.

Dua dokumen kerja sama (memorandum of understanding/MoU) akan ditandatangani dalam pertemuan tersebut. Yakni di bidang perikanan dan budi daya serta bidang program pertukaran pendidikan tinggi. Kedua pemimpin juga akan membahas upaya yang berkontribusi terhadap perdamaian serta stabilitas kawasan dan dunia.

PM Orban pada Senin ini juga dijadwalkan menghadiri pertemuan Indonesia dan Hungarian Business Forum untuk menggali potensi ekonomi kedua negara.

Forum bisnis itu akan menghasilkan sejumlah proyek kerja sama di bidang water management, kesepakatan antara kedua kamar dagang, dan kerja sama kantor berita.‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.