Sukses

Jokowi Akan Hadiri Konferensi Forum Rektor di Yogyakarta

Kampus ingin berperan strategis dengan memberikan solusi nyata dalam permasalahan nasional.

Liputan6.com, Yogyakarta - Presiden Joko Widodo dijadwalkan menghadiri Konferensi Nasional Forum Rektor Indonesia 2016 di Yogyakarta. Acara yang dimulai Jumat-Minggu, 29-31 Januari 2016, bertema "Revolusi Mental untuk Memperkokoh Karakter Bangsa."

Ketua Forum Rektor Indonesia Rochmad Wahab, selain Jokowi, acara tersebut juga akan dihadiri ratusan petinggi perguruan tinggi di Indonesia. Setidaknya 420 rektor sudah mengonfimasi kehadiran dan akan dibagi dalam 4 komisi.

"Rencananya Pak Presiden Jokowi akan hadir. Forum ini juga akan melibatkan sejumlah pimpinan instansi pemerintahan, termasuk kementerian," ujar Rochmad, Kamis 28 Januari 2016.


Dalam acara konferensi itu, lanjut Rochmad, akan dilaksanakan rapat komisi seusai rapat pleno. 4 komisi itu berkaitan dengan Revolusi Mental, Menjadikan Indonesia Poros Maritim Dunia, Hilirisasi Riset dan Kemitraan dengan Dunia Usaha serta Dunia Industri, dan Pengembangan Pendidikan Karakter.

"Kami ingin merespons kondisi bangsa Indonesia terkini. Dan tak kalah pentingnya telaah kita terhadap GBHN," ucap Rochmad.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu mengatakan, tanggung jawab perguruan tinggi saat ini tidak ringan untuk kepentingan negara. Ia berharap, dengan adanya forum ini akan muncul ide-ide besar untuk membantu mengatasi permasalahan di Indonesia.

"Kampus ingin mengambilkan peran strategisnya. Tidak ada kaitannya dengan apapun," ujar Rochmad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini