Sukses

RJ Lino Pastikan Tak Takut 'Jumat Keramat' di KPK

Ia pun memastikan kliennya akan tepat waktu hadir dalam pemeriksaan KPK sebagai tersangka.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap mantan Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II, Richard Joost Lino sebagai tersangka atas kasus dugaan korupsi pengadaan 3 unit Quay Countainer Crane anggaran 2010.

Pengacara Lino, Fredrich Yunadi menegaskan kliennya siap memenuhi panggilan penyidik KPK yang akan berlangsung pada Jumat 29 Januari 2016. Ia pun memastikan kliennya akan tepat waktu hadir dalam pemeriksaan perdana sebagai tersangka.

"Siap. Pasti datang," ucap Fredrich di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Kamis (28/1/2016).

Menurut dia, tidak ada persiapan khusus yang akan dilakukan kliennya untuk memenuhi panggilan penyidik KPK. Bahkan Fredrich menegaskan kliennya tidak takut dengan istilah 'jumat keramat' di KPK.

"Enggak ada yang disiapkan apa-apa, silakan mau nanya apa aja kita jawab. Hari Jumat? Enggak masalah," tegas Fredrich.

RJ Lino sebelumnya diduga menyalahgunakan wewenang sebagai Dirut Pelindo II dalam proyek pengadaan Quay Container Crane untuk memperkaya diri sendiri, orang lain, atau koorporasi. Penyalahgunaan wewenang ini dilakukan RJ Lino dengan memerintahkan penunjukan langsung kepada perusahaan China untuk pengadaan 3 buah Quay Container Crane tersebut.

Oleh KPK, RJ Lino disangkakan dengan Pasal 2 ayat 1 dan atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

  • Pelindo II adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dibidang pengelolaan dan pengembangan pelabuhan.

    pelindo II

  • RJ Lino

Video Terkini