Sukses

Jokowi Merasa Terhormat Dapat Bintang Jasa Timor Leste

Jokowi mengatakan, kedua negara merasakan hubungan dan kerja sama yang semakin kuat.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi melakukan kunjungan kenegaraan ke Timor Leste. Dalam kunjungannya tersebut, dia menegaskan bahwa negara yang dulunya merupakan provinisi ke- 27 RI itu, telah menjadi mitra utama Indonesia.

"‎Bagi Indonesia, Timor Leste adalah sahabat dan tetangga terdekat, dan saudara kami. Kedua bangsa kita dipersatukan dan diikat oleh kedekatan geografis dan budaya," ujar Jokowi dalam sambutan Jamuan Santap Siang di Ruang Salao China, Palacio Presidencial, Dili, Timor Leste, seperti keterangan tertulis dari Tim Komunikasi Presiden, Selasa (26/1/2016).

Jokowi mengatakan, kedua negara merasakan hubungan dan kerja sama yang semakin kuat. "Saya ingin menegaskan komitmen Indonesia sebagai mitra utama pembangunan di Timor-Leste dan dalam meningkatkan kerja sama di berbagai bidang," ucap dia.

‎Dalam kesempatan itu, Jokowi juga berterimakasih atas pemberian penghargaan bintang jasa tertinggi the Grand Collar of the Order of Timor Leste dari Presiden Taur Matan Ruak.

"Sungguh ini merupakan kehormatan bagi saya. Penghargaan ini menjadi tanggung jawab besar bagi saya dalam menjaga persahabatan, menjaga persaudaraan, dan kerja sama yang erat dan saling menguntungkan bagi kedua negara Indonesia dan Timor Leste‎," ujar Jokowi.

Jokowi dan ibu negara Iriana mengaku bahagia dapat berkunjung ke Timor-Leste untuk memenuhi undangan Presiden Taur Matan Ruak.

Bintang Jasa Republik Demokratik Timor Leste Grande Colar de Ordem de Timor Leste adalah bintang jasa tertinggi yang diberikan hanya kepada Kepala Negara Asing oleh Pemerintah Timor Leste.

‎Dalam kunjungan tersebut juga ditandatangani 5 nota kesepakatan yaitu bidang kerja sama pemuda dan olahraga,  kerja sama kearsipan, kerja sama klimatologi dan geofisika, kerja sama search and rescue, dan kerja sama energi, petroleum dan sumber daya mineral.

Setelah berkunjung ke Istana Kepresidenan Timor Leste, Jokowi selanjutnya  berkesempatan melakukan kunjungan ke Taman Makan Pahlawan Metinaro dan Taman Makam Pahlawan Seroja.

Jokowi dan rombongan diperkirakan akan tiba di Tanah Air malam ini pukul 20.00 WIB. Turut mendampingi Jokowi dalam kunjungan kenegaraan ini, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrawi‎, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Timor Leste adalah negara kecil yang terletak di sebelah utara Indonesia.
    Timor Leste adalah negara kecil yang terletak di sebelah utara Indonesia.

    Timor Leste