Sukses

10 Anggota OPM Puncak Jaya Menyerahkan Diri

2 Orang di antaranya adalah pengawal Goliat Tabuni yang merupakan Komandan Pleton TPN/OPM wilayah Tingginambut.

Liputan6.com, Jayapura - 10 Anggota Tentara Pembebasan Nasional/Organisasi Papua Merdeka (TPN/OPM)  menyerahkan diri. Mereka merupakan anggota TNP/OPM pimpinan Goliat Tabuni yang bermarkas di Tingginambut, Kabupaten Puncak Jaya.

Mereka menyerahkan diri ke Bupati Puncak Jaya, Henock Ibo di Mulia, Ibu Kota Kabupaten Puncak Jaya.

Pada keterangannya di Mapolda Papua, Henock Ibo menyebutkan pemda bersama TNI/Polri terus melakukan pendekatan kepada kelompok ini sejak 8 Desember 2012.

Menurut dia, 2 orang di antaranya adalah pengawal Goliat Tabuni yang merupakan Komandan Pleton TPN/OPM wilayah Tingginambut. Keduanya yakni Teranus Enumbi dan Melodi Wonda

"Saat ini sudah ada 10 orang yang kami bawa turun ke Jayapura dan kami inapkan di salah satu hotel. Rencananya kami ingin membawa mereka ke Jakarta dan melihat sejumlah kemajuan di Ibu Kota," kata Hencok di Jayapura, Selasa (26/1/2016).

Teranus dan Melodi, dia melanjutkan, memegang peranan penting dalam perlindungan untuk Goliat. Apalagi keduanya memiliki senjata api. Saat ini, senjata yang dimilikinya masih berada di rumah Teranus dan Melodi.

"Saat ini yang terpenting kedua pengawal Goliat sudah menyatakan diri bergabung dengan NKRI. Untuk masalah Goliat Tabuni tinggal menunggu waktu saja, sebab hubungan pemerintah dengan Goliat juga sudah dibangun lama," Ibo menjelaskan.

Nama anggota TPN/OPM yang hari ini menyerahkan diri dan melakukan pertemuan dengan sejumlah petinggi TNI/Polri yakni Teranus Enumbi, Yandu Enumbi, Telak Kogoya, Tendison Enumbi, Paindin Enumbi, Yakingga Enumbi, Berenggup Enumbi, Kopinggup Enumbi, Lendi Enumbi, dan Tendiron Enumbi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • opm
    <p style="text-align: justify;"><span style="font-size:14px"><span style="font-family:arial,helvetica,sans-serif">OPM mengandung Omeprazole.&nbsp;OPM merupakan obat yang digunakan untuk mengobati masalah perut tertentu dan masalah kerongkongan.&nbsp

    OPM

  • organisasi papua merdeka

  • OPM Serahkan Diri