Sukses

Lempengan Misterius di Thailand yang Diduga MH370 Ternyata...

Benda yang ditemukan nelayan pada akhir pekan lalu memicu banyak spekulasi bahwa itu adalah bagian dari MH370.

Liputan6.com, Bangkok - Penemuan objek melengkung misterius di Thailand, yang dikira bagian dari pesawat nahas MH370 sempat membuat heboh. Setelah diteliti, ternyata potongan benda itu merupakan bagian dari fragmen roket. Hal itu dikonfirmasi oleh pihak pabrik dari Jepang pada Senin 25 Januari 2016.

Ada pun pemerintah Thailand membawa lempengan logam sepanjang 3x4 meter dari Provinsi Nakhon si Thammarat di wilayah pantai ke Bangkok untuk diteliti lebih lanjut.

"Saat itu kami memutuskan untuk segera mengirim ke Bangkok agar segera diteliti apa sebenarnya lempengan itu," kata juru bicara Angkatan Udara Thailand, Pongsak Semachai seperti dilansir dari AsiaOne, Selasa (26/1/2016).

Benda yang ditemukan nelayan pada akhir pekan lalu itu memicu banyak spekulasi, sebagai bagian dari puing MH370 yang hilang pada 8 Maret 2014. Burung besi tersebut bertolak dari Kuala Lumpur menuju Beijing membawa 239 penumpang dan kru.

Setelah foto-foto lempengan tersebut menyebar di media massa, Mitsubishi Heavy Industry mengatakan bahwa lempengan dengan angka-angka yang tertera merupakan bagian dari roket mereka.

Kondisi potongan pesawat yang ditemukan di pantai Thailand selatan, provinsi Nakhon Si Thammarat, Minggu (24/1). Di bagian puing yang diduga dari pesawat Malaysia Airlines MH370 tersebut tercetak angka 307 dan 308. (REUTERS/Surapan Boonthanom)

"Meskipun belum yakin karena kami belum melihat secara langsung, tapi kami yakin itu merupakan bagian dari roket H-IIA atau H-IIB milik kami," kata juru bicara Mitsubishi Sayo Suwashita.

Roket yang dimaksud biasanya digunakan untuk meluncurkan satelit ke luar angkasa. Perusahaan itu berkesimpulan bahwa lempengan itu miliknya setelah melakukan cek dan ricek lewat foto dan angka yang tertera di badan objek itu dengan manifesto milik mereka.

Klaim itu mendukung para ahli pencari MH370 yang memiliki kesimpulan awal bahwa lempengan itu bukan merupakan bagian dari pesawat nahas itu.

Hampir 2 tahun berlalu, nasib Malaysia Airlines MH370 dan 239 orang yang ada di dalamnya masih misterius. Puing yang ditemukan di La Reunion, wilayah Prancis di Samudra Hindia beberapa waktu lalu belum memuaskan pihak keluarga korban. Nasib mereka bagai digantung.

Klaim-klaim penemuan 'benda misterius' di laut pun bermunculan. Membawa spekluasi itu adalah merupakan bagian dari bangkai MH370. Namun sejauh ini, burung besi dan penumpang di dalamnya masih menjadi misteri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Thailand
    Negara di Asia yang terkenal dengan kuliner lezat, serta dijuluki negeri gajah putih dan negeri seribu pagoda.

    Thailand

  • MH370

Video Terkini