Sukses

Bahas Perbatasan, Jokowi Sambangi Timor Leste Besok

Di Dili, rencananya Jokowi akan menemui sejumlah pejabat penting Timor Leste.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi direncanakan melakukan kunjungan kenegaraan ke negara tetangga, Timor Leste. Kunjungan ke bekas provinsi ke-27 Indonesia itu merupakan yang pertama bagi pemilik nama Joko Widodo tersebut.

Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir, Jokowi bersama rombongan akan terbang ke Timor Leste pada Selasa, 26 Januari 2016. Selain Ibu Negara Iriana, sang Presiden juga membawa serta beberapa menteri Kabinet Kerja.

"Presiden RI akan didampingi oleh Menko Perekonomian, Menlu RI, Seskab, serta Menteri Pemuda dan Olahraga," ucap pria yang kerap disapa Tata itu kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin (25/1/2016).

Di Dili, rencananya Jokowi akan menemui sejumlah pejabat penting Timor Leste, termasuk Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak.

"​Kunjungan kenegaraan ini akan digunakan Indonesia untuk memperkokoh hubungan masa depan kedua negara serta menegaskan kesiapan Indonesia untuk menjadi mitra utama pembangunan Timor Leste," ujar dia.

Tata mengatakan dalam kunjungan kenegaraan tersebut, Jokowi akan bertemu Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak dan Perdana Menteri Timor Leste Rui Maria De Araujo.

Dia menyebut pertemuan dengan Taur serta Araujo itu nantinya akan membahas sejumlah masalah penting terkait hubungan kedua negara ini. Salah satunya soal perbatasan RI-Timor Leste.

"Beberapa isu yang akan dibahas, antara lain penguatan kerja sama perdagangan, investasi, energi, pembangunan infrastuktur, serta komitmen bersama untuk mempercepat penyelesaian isu perbatasan baik perbatasan darat maupun perbatasan maritim," Tata menegaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Timor Leste adalah negara kecil yang terletak di sebelah utara Indonesia.
    Timor Leste adalah negara kecil yang terletak di sebelah utara Indonesia.

    Timor Leste

Video Terkini