Sukses

Tiba di Solo, 77 Eks Gafatar Ditampung di Asrama Haji Donohudan

Diperkirakan akan masuk gelombang kedua para rombongan eks anggota Gatar yang diangkut melalui jalur laut pada Senin sore.

Liputan6.com, Solo - Sebanyak 77 orang mantan anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) tiba di Bandara Adi Soemarmo Surakarta pada pukul 18.40 WIB. Gelombang pertama kedatangan eks anggota Gafatar selanjutnya akan ditampung di Asrama Haji Donohudan Boyolali.

Pantauan Liputan6.com, sejumlah petugas keamanan berjaga di kawasan Bandara Adi Soemarno untuk menyambut kedatangan para mantan anggota Gafatar yang berasal dari Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengamanan tersebut dilakukan sejak Minggu siang setelah ada kepastian rencana kedatangan eks anggota Gafatar melalui jalur udara.

Pesawat Lion Air yang khusus disewa untuk mengangkut para mantan anggota Gafatar itu tiba di Bandara Adi Soemarmo sekitar pukul 18.45 WIB. Kedatangan para eks Gafatar itu disambut langsung oleh Kapolres Boyolali AKBP Budi Sartono, Dandim Boyolali Letkol Kav Topri Daeng Balaw serta muspida setempat.

Setelah turun dari tangga pesawat para eks anggota Gafatar yang terdiri dari laki-laki dan perempuan serta anak-anak langsung naik ke dalam bus. Untuk mengangkut mereka menuju Asrama Haji Donohudan disediakan sebanyak 4 armada bus yang terdiri dari dua bus Damri dan dua armada bus Polres Boyolali.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah, Sri Puryono menyebutkan, malam ini terdapat 77 mantan anggota Gafatar yang tiba di Asrama Haji Donohudan. Hanya saja berapa rincian detailnya, ia mengaku belum bisa menyebutkan karena masih dilakukan pendataan.

"Setelah tiba di asrama haji sebagai tempat penampungan, selanjutnya dilakukan pendataan serta pengecekan kesehatan kepada para mantan anggota Gafatar yang tiba malam ini," kata Puryono di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Minggu malam (24/1/2016).

Kemudian dia mengungkapkan selain gelombang pertama yang datang melalui jalur udara pada Minggu malam, selanjutnya pada Senin sore diperkirakan akan masuk gelombang kedua para rombongan eks anggota Gatar yang diangkut melalui jalur laut.

"‎Besok pagi akan tiba sebanyak 350 orang eks anggota Gafatar yang naik KRI Gilimanuk di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Diperkirakan mereka akan tiba di asrama haji pada Senin sore," ujar Puryono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.