Sukses

Balon Mirip Kondom Beredar di Agen Mainan Anak di Ciracas

Balon kulit tersebut dijual dalam 1 kemasan berisi 6 buah dengan warna kulit dan berwarna hitam.

Liputan6.com, Jakarta - Jajanan anak yang kemasan dalamnya mirip kondom dilaporkan beredar di wilayah Bekasi, Jawa Barat. Kini ada juga mainan berupa balon yang bentuknya menyerupai kondom beredar di agen mainan anak. Mainan ini dijual satuan maupun dalam kemasan.

"Ini namanya balon kulit," kata seorang karyawan agen mainan di kawasan Ciracas, Jakarta Timur, Jumat (22/1/2016) dikutip dari Antara.

Pedagang yang tidak mau namanya disebut itu mengaku, tidak mengerti fungsi balon kulit yang ukurannya terlalu kecil sehingga tidak bisa ditiup seperti umumnya balon itu. "Untuk apa ya, saya tidak tahu juga," kata dia.

Seorang karyawan lain memasukkan balon kulit tersebut ke jari telunjuk dan ternyata ukurannya memang pas setelunjuknya.

Balon kulit tersebut dijual dalam 1 kemasan berisi 6 buah dengan warna kulit dan berwarna hitam. Satu kemasan dijual oleh agen seharga Rp 1.000.

Yayasan kita dan Buah Hati (YKBH) mendapat laporan dari warga tentang beredarnya jajanan anak dengan kemasan dalam mirip kondom beredar di wilayah Bekasi, Jawa Barat.

Jajanan tersebut dikemas dalam kardus kotak ukuran sedang bermerek 'Kotak Kado', bertuliskan 'Boom Seru' dan bergambar kartun anak-anak.

Di dalamnya berisi satu kemasan plastik susu cair bertulisan "Susu Mas Moccacino" berwarna cokelat dan satu wadah mirip kondom.

Cara mengonsumsi jajanan tersebut adalah, harus memasukkan susu cair ke dalam wadah mirip kondom tersebut, diikat, kemudian dikonsumsi seperti minum es mambo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.