Sukses

Menko Luhut: Anggota Gafatar Diserang Warga Sudah Dievakuasi

Luhut mengaku telah memerintahkan untuk mempercepat proses evakuasi.

Liputan6.com, Jakarta - Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, ratusan anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang diserang warga di Desa Moton, Kecamatan Mempawah Timur, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, sudah dievakuasi.

"‎Sudah dievakuasi, mungkin dalam 2 hari ini proses evakuasinya," ujar Luhut di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, (20/1/2016). ‎

Luhut mengatakan, ratusan anggota Gafatar yang datang dari berbagai daerah itu, nantinya akan dipulangkan ke daerah masing-masing dengan menggunakan kapal perang TNI.


"Kapal perang TNI sudah dikirim. Nanti mereka akan dipulangkan ke rumah masing masing. Pemda sudah diberitahu dan selanjutnya akan dilakukan langkah-langkah," ujar dia.

Luhut minta mempercepat proses evakuasi dipercepat. Hal itu dilakukan untuk mencegah serangan lanjutan oleh warga yang tidak terima dengan kedatangan Gafatar di desanya. ‎

"Yang penting sekarang jangan sampai ada bentrok. Yang penting aman," pungkas Luhut. ‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.