Sukses

20-1-1961: Pelantikan Presiden Termuda AS John F Kennedy

Pria yang kala itu berusia 43 tahun, resmi menjadi presiden ke-35 AS, saat salju menutup Capitol Hill di Washington.

Liputan6.com, Washington DC - Hari ini 55 tahun silam, Partai Demokrat menang dalam pemilihan presiden Amerika Serikat. John F Kennedy pun resmi dilantik sebagai presiden termuda yang pernah terpilih di Negeri Paman Sam itu.

Pria yang kala itu berusia 43 tahun, resmi menjadi presiden ke-35 AS pada 20 Januari 1961, saat salju menutup Capitol Hill di Washington. Dia mengambil alih jabatan dari presiden tertua dalam sejarah Amerika, Jenderal Dwight Eisenhower, yang lengser di usia 70 tahun.

Saingannya dari Partai Republik, Richard Nixon, yang berebut posisi utama di Gedung Putih itu juga menghadiri upacara pelantikan tersebut.

Jutaan pasang mata pun menyaksikan pelantikan presiden baru yang disiarkan langsung melalui televisi. Dia memilih untuk memakai pakaian formal, termasuk topi khas untuk acara resmi.

Presiden Kennedy memulai pidatonya dengan menggunakan kata 'my fellow citizens', istilah yang pertama kali digunakan oleh Presiden George Washington tapi ditolak oleh presiden selanjutnya yang menggunakan 'my fellow Americans'.

John F Kennedy kemudian berpidato selama 10 menit, mengimbau warga Amerika untuk bersatu dalam perjuangan melawan musuh bersama manusia: tirani, kemiskinan, penyakit.

Dia juga mengimbau Uni Soviet untuk memulai pencarian baru bagi perdamaian.

Presiden Kennedy menutup pidatonya dengan kata-kata penuh inspirasi yang dikenang hingga saat ini.

"Ask not what your country can do for you - ask what you can do for your country. My fellow citizens of the world, ask not what America will do for you, but what together we can do for the freedom of man."

"Jangan tanya apa yang negara berikan untuk Anda, tapi apa yang Anda lakukan untuk negara. Rakyatku, jangan tanya apa yang Amerika berikan untuk Anda, tetapi apa yang bisa kita lakukan untuk kebebasan seriap manusia," ucap John F Kennedy disambut tepuk tangan meriah seperti dilansir dari BBC Today History.

Pada tanggal yang sama tahun 2009, presiden berkulit hitam pertama di AS, Barrack Obama dilantik. Sementara 20 Januari 1885 disebut-sebut sebagai tanggal saat LaMarcus Adna Thompson mempatenkan permainan dengan adrenalin tinggi, roller coaster.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.