Sukses

JK Minta Tim Penanggulangan Teroris MUI Dihidupkan Kembali

Tim itu sebelumnya mati karena pemerintah membentuk BNPT untuk tanggulangi terorisme.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) turut berperan mencegah paham radikalisme dan melakukan deradikalisme. Untuk menjalankan tugas tersebut, Tim Penanggulangan Terorisme (TPT) MUI, yang semula telah dibekukan, perlu hidup kembali.

"Pak JK juga meminta supaya tim penanggulangan terorisme di MUI dihidupkan lagi. Dan kita lakukan gerakan atau langkah-langkah bersama dalam rangka menghadapi deradikalisasi,” kata Ketua MUI, Maruf Amin, di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (19/1/2016).

TPT MUI sebelumnya pernah dibekukan karena pemerintah telah mendirikan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT). Sejak badan itu berdiri, tim tersebut tidak dilibatkan kembali oleh pemerintah.


TPT MUI, lanjut Maruf, akan bekerja dengan memberikan edukasi ke pesantren-pesantren. Memberikan benteng agar paham radikalisme tidak masuk pada para santri. Selain itu, MUI sendiri juga sudah mengeluarkan fatwa haram tentang terorisme.

"Jadi MUI itu pernah membuat fatwa tentang terorisme. Fatwa itu menjadi landasan di mana-mana," tegas dia.

Tugas TPT MUI ini harus memiliki sistem pencegahan yang baik. Bila bekerja secara serampangan, kata Maruf, maka dampak pada pencegahan radikalisme dan deradikalisme kurang efektif.

"Kita harus bekerja bersma baik dalam deradikalisasi maupun kontra terorisme. Artinya kita menerbitkan buku-buku, melakukan diskusi-diskusi," ujar Maruf.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MUI adalah lembaga independen yang mewadahi para ulama, zuama, dan cendikiawan Islam untuk membimbing, membina, dan mengayomi umat Islam di

    MUI

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Terorisme

  • Deradikalisasi

Video Terkini