Sukses

Komentar Polisi Soal Warga Tonton Baku Tembak Teror Jakarta

Iqbal memaklumi antusiasme tersebut karena ia sadar kebiasaan warga memang ingin tahu.

Liputan6.com, Jakarta - Adegan demi adegan baku tembak antara teroris dengan polisi menyita perhatian warga Jakarta yang tengah beraktivitas di Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat, pada Kamis 14 Januari 2015. Warga berbondong-bondong menonton aksi polisi melumpuhkan teroris meski sudah diimbau untuk menjauh dari lokasi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Mohammad Iqbal mengatakan, tindakan warga yang menonton baku tembak tersebut sesungguhnya sangat berbahaya bagi keselamatan warga.

"SOP pada waktu itu masyarakat manapun termasuk teman media tidak boleh mendekat. Sangat berbahaya. Kami saja berlindung di mobil antipeluru, makanya ada meme-meme 'Kok polisi berlindung, masyarakat malah tidak'," kata Iqbal di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Iqbal pun memaklumi antusiasme tersebut karena ia sadar kebiasaan warga memang penuh rasa ingin tahu. Masyarakat diimbau tak mengulangi perilakunya yang nekat demi keselamatan masing-masing.

"Jangankan itu (baku tembak polisi). Tabrakan saja masyarakat kita, mereka ingin lihat. Maka dari itu kami imbau untuk keselamatan ketika terjadi apa-apa biarkan yang berwenang melakukan penyelidikan, mengklarifikasi atau investigasi," imbau Iqbal.

Kamis 14 Januari 2015, sekelompok orang bersenjata membom dan menembak polisi di kawasan Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Sebanyak 7 orang tewas dalam teror itu, 5 di antaranya merupakan pelaku penembakan dan pengeboman tersebut. Sementara, 24 orang lainnya luka-luka.

ISIS telah mengklaim bertanggung jawab atas teror itu. Polisi menyatakan, serangan di Thamrin, Jakarta Pusat karena perebutan leader ISIS di wilayah Asia Tenggara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini