Sukses

Bus Turis Ski Jepang Terguling ke Jurang 3 Meter, 14 Tewas

Tidak ada jejak salju di jalanan. Pun cuaca pada dini hari itu cukup baik.

Liputan6.com, Nagano - Bus berisi turis ski tergelincir dan terguling ke sebuah jurang di Jepang tengah, 14 orang dilaporkan tewas. Hal tersebut dikemukakan oleh Departemen pemadam kebakaran Prefektur Nagano.

27 orang terluka dan dibawa ke rumah sakit, 19 orang di antaranya dalam kondisi serius.

Bus nahas itu membawa 41 turis, awalnya tergelincir dan menabrak pagar pembatas. Lalu, kendaraan itu terguling ke jurang sedalam 3 meter. Insiden tersebut terjadi di jalanan yang berliku-liku Karuizawa, Prefekture Nagano, 120 kilometer dari barat laut Tokyo.

Kejadian itu terjadi pada pukul 02.00, Jumat (15/1/2016), seperti dilansir dari The Mainichi Shimbun.

Bus itu membawa grup wisata dari Shinjuku Ward Tokyo sebuah penginapan ski di utara Prefektur Nagano. Tidak ada jejak salju di jalanan. Pun cuaca pada dini hari itu cukup baik. Temperatur mencapai minus 3 namun jalanan dilaporkan kering dan licin. Angin juga bertiup 3 meter per detik.

"Kelembaban tidak terlalu tinggi, jadi tidak ada kabut,' kata biro meteorologi setempat.

"Salju juga tidak terlalu banyak dan di jalanan tidak terdapat salju, temperatur juga normal. Jadi kami kami tidak mengeluarkan peringatan atau apapun," lanjut pernyataan itu.

Pihak kepolisian Nagano kini tengah menyelidiki penyebab kecelakaan itu. Rute dan jadwal juga akan dicek, termasuk investigasi penumpang memakai sabuk pengaman atau tidak saat bus melaju.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini