Sukses

Jero: Apa Saya Pernah Datang ke Pak JK untuk Cari Bisnis?

Jero bertanya pada JK di persidangan tindak pidana korupsi.

Liputan6.com, Jakarta - Jero Wacik memanfaatkan betul momentum kesaksian Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk meringankan hukumannya di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. Jero didakwa dalam kasus dugaan korupsi di Kementerian ESDM dan penggunaan Dana Operasional Menteri (DOM) di Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

Dalam persidangan ini, mantan Menteri ESDM itu bertanya kepada JK, apakah dirinya pernah datang kepadanya untuk meminta bisnis untuk pribadinya.

"Apa pernah saya datang ke Bapak cari bisnis atau memikirkan bisnis, apa pernah selama 5 tahun saya seperti itu, atau mencari kekayaan?" tanya Jero kepada JK di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (14/1/2016).

Jero pun sempat mengatakan selama bekerja sama dengan JK dalam Kabinet pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono, dirinya kerap belajar cara kerja JK.

"Selama saya menjadi menteri bapak, saya banyak sekali belajar dengan tipe bapak, kerja cepat," kata Jero.

JK pun mengatakan, bahwa selama menjabat sebagai Wakil Presiden, Jero tidak pernah datang kepadanya untuk meminta bisnis.

"Selama 5 tahun saya jadi wapres, saya tidak pernah mengetahui, apalagi saudara Jero datang pada saya minta persetujuan bisnis bersifat pribadi. Karena Menpar lebih banyak kepada mempromosikan, mendorong tumbuhnya pariwisata kita. Selama beliau naik 50 persen dan tidak ada bisnis pribadi," ujar JK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.