Sukses

Lirik Ridwan Kamil, Gerindra DKI Buka Peluang Koalisi dengan PDIP

Sudah lumrah beberapa partai melirik nama yang sama selama proses penjaringan.

Liputan6.com, Jakarta - Partai politik kini tengah sibuk menjaring tokoh untuk diuji menjadi calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta di Pilkada 2017 nanti. Beberapa partai sudah memunculkan nama yang masuk radar mereka.

PDIP dan Gerindra merupakan partai yang sudah terang menyebutkan nama-nama yang menjadi target. Menariknya, ada beberapa nama yang sama, misalnya Ridwan Kamil.

Ketua Tim Penjaringan Cagub DKI Jakarta Partai Gerindra Syarif mengatakan, sudah lumrah beberapa partai melirik nama yang sama selama proses penjaringan. Nantinya partai memiliki kriteria berbeda dalam menentukan calon.

"Ya tidak masalah ada sama nama seperti itu. Kan kita masih dalam penjaringan," kata Syarif saat dikonfirmasi, Rabu (13/1/2016).

Menurut Sekretaris Komisi A DPRD DKI Jakarta itu, persamaan itu tidak akan dijadikan masalah. Malah bukan tidak mungkin bila ada titik temu, kedua pertai sepakat berkoalisi mengusung calon yang sama.

"Tidak apa-apa, siapa tahu nanti kita koalisi. Kalau visinya sama bukan tidak mungkin," lanjut Syarif.

Gerindra akan melakukan tahapan seleksi setelah menyampaikan 8 nama bakal calon gubernur. Seleksi itu nanti mengerucut pada 5 nama calon.

8 Nama calon yang sudah masuk tahap penjaringan adalah Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani, Wakil Ketua Dewan Pembina Parta Gerindra Sandiaga Uno, anggota DPR RI Biem Benjamin, serta anggota DPRD DKI, Mohamad Sanusi dan Mohamad Taufik.

Dari kalangan eksternal, ada nama Sekda DKI Saefullah. Ada pula nama Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan mantan Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Syamsuddin.

"Untuk Pak Ridwan Kamil sudah sampaikan tidak datang karena umrah," tutup Syarif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini