Sukses

Normalisasi Ciliwung, 97 Rumah di Bukit Duri Digusur

Penggusuran dilakukan sejak pukul 07.30 WIBi dengan menurunkan 2 alat berat.

Liputan6.com, Jakarta - Sedikitnya 97 rumah atau bangunan yang berlokasi di Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan, pagi ini menjadi target penggusuran. Hal ini dilakukan dalam upaya normalisasi Kali Ciliwung.

"Yang hari ini totalnya ada 3 RT. Yakni RT 11, 12, dan 15 di RW 10. Ada 97 bidang," ujar Camat Tebet Mahludin saat ditemui di lokasi penggusuran, Selasa (12/1/2015).

Penggusuran dilakukan sejak pukul 07.30 WIB dengan menurunkan 2 alat berat. Berdasarkan pantauan di lokasi penggusuran, warga pasrah melihat rumah mereka dibongkar.

Menurut dia, sejumlah warga telah menerima bantuan rumah susun (rusun) dari pemerintah provinsi. Bahkan sebagian warga sudah menempati rusun itu.

"Mereka sudah dapat rusun dan sudah pindah. Rusun Cipinang Besar Selatan dan Pulo Gebang. Tapi masih ada satu yang bertahan," lanjut Mahludin.

Berdasarkan penuturannya, penggusuran dilakukan untuk keperluan normalisasi Kali Ciliwung yang sudah tidak dapat menampung debit air saat musim hujan. Hal itu kerap menyebabkan banjir di sekitar wilayah Bukit Duri.

"Radiusnya 50 meter dari jembatan Kampung Melayu. Jadi nanti kali ini akan dilebarkan di tanah yang sekarang tengah dilakukan penggusuran mengembalikan kali seperti semula yang memang punya negara," ujar Mahludin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.