Sukses

Anggota DPR Pengganti Menteri Tjahjo dan Pramono Dilantik Senin

Pramono Anung saat ini menjabat sebagai Sekretaris Kabinet sedangkan Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Dalam Negeri.

Liputan6.com, Jakarta - 2 Anggota DPR baru bakal dilantik pada Senin 11 Januari 2016. Mereka merupakan anggota dewan dari Fraksi PDIP pengganti Pramono Anung dan Tjahjo Kumolo.

Pramono Anung saat ini menjabat sebagai Sekretaris Kabinet sedangkan Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Dalam Negeri.

"Hari Senin ada pelantikan pengganti Pak Pramono dan Pak Tjahjo.‎ Suratnya sudah ada," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR Winantuningtyastiti‎ atau yang karib disapa Win di kantornya, Senayan, Jakarta, Jumat (8/11/2016).

Namun untuk pengganti Puan Maharani yang kini menjabat Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan belum bisa dipastikan kapan bakal dilantik.

Win mengungkapkan, ada kendala teknis saat akan melakukan pergantian antar-waktu (PAW) untuk Puan. Yakni suara perolehan kedua terbanyak atau di bawah perolehan suara Puan saat pemilu Legislatif 2014 dikabarkan mengundurkan diri.

‎"Prosedurnya ketika DPR terima surat dari DPP PDIP, lalu DPR surati KPU. Setelah dari KPU menyampaikan perolehan berikutnya siapa. Kemarin perolehan suara setelah Puan berikutnya Darmawan (Darmawan Prasodjo)," tutur dia.

"Disampaikan nama itu ternyata di KPU sudah mengundurkan diri. DPR surati KPU lagu sampaikan nama pengganti dan DPR menyampaikan itu ke Presiden," imbuh Win.

Win menambahkan, lantas pihaknya menerima surat dari KPU perihal klarifikasi pengunduran diri Darmawan yang hingga saat ini belum ada secara tertulis. Untuk itu, pengganti Puan belum bisa dilantik bersamaan pengganti Pramono dan Tjahjo.

"Surat dari KPU kemarin. KPU sampaikan perlu klarifikasi pengunduran diri Darmawan, baru klarifikasi perolehan suara berikutnya.‎ Jadi pengganti Puan belum bisa Senin, tunggu Keppres," tandas Win.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini