Sukses

Kalah Sidang Kebakaran Hutan, Pemerintah Harus Evaluasi Gugatan

Kekalahan seperti ini tidak hanya sekali dialami pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) kalah melawan perusahaan dalam sidang kasus kebakaran hutan dan lahan. Wakil Ketua Komisi IV DPR Firman Soebagyo menyayangkan hal tersebut.

Dia mengatakan, kekalahan seperti ini tidak hanya sekali dialami pemerintah. Kekalahan tersebut pun menimbulkan kecurigaan terhadap aparat penegak hukum termasuk para hakim.

"Karena memang kita menyadari bahwa hukum belum menjadi panglima di negeri ini. Tetapi dalam konteks penuntutan, alat bukti penuntutan itu sudah kuat atau belum. Di sisi lain, regulasi dari pemerintah itu sudah memenuhi unsur apa tidak?" tutur Firman, ketika dihubungi, Selasa (5/1/2016).

Politikus Partai Golkar itu mengaku kecewa dengan gugatan Kementerian LHK yang dikalahkan oleh perusahaan terduga pembakar hutan dan lahan. Menurut dia, kekalahan ini menunjukkan pemerintah dalam posisi lemah.

"Hal ini menunjukan pemerintah juga lemah. Kalau tidak lemah tidak mungkin (kalah)," tegas Firman.

Dia menyarankan pemerintah harus mengevaluasi perangkat yang melemahkan gugatan tersebut. Terlebih, selama ini, pemerintah selalu kalah dalam proses gugatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini