Sukses

Ini Solusi Cegah Kemacetan di Pintu Tol Cikarang Utama

Polisi akan memberlakukan sejumlah rekayasa lalu lintas dan pengalihan jalur, agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di gerbang tol.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Satuan (Kasat) Patroli Jalan Raya (PJR) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya, Kompol Lukman Cahyono menjelaskan, pihaknya akan mengalihkan kendaraan menuju jalan arteri Karawang-Bekasi atau Tol Bekasi Barat, jika sampai terjadi penumpukan kendaraan di Pintu Tol Cikarang Utama.

"Kalau terjadi kemacetan panjang lebih dari 500 meter, kendaraan bisa kita arahkan supaya lewat jalan arteri Karawang-Bekasi atau Tol Bekasi Barat untuk mengurangi antrean," jelas Lukman kepada Liputan6.com, Minggu (3/1/2016).


Sementara ini tingginya aktivitas kendaraan hanya terpantau di 3 titik gerbang tol, yakni Pintu Tol Cimanggis, Tol Cikarang Tengah dan Tol Cikarang Utama, yang menimbulkan antrean sepanjang 200 meter hingga kurang dari 500 meter.

"Kalau untuk weekend, panjang kemacetan 200 sampai 500 meter masih terbilang normal," imbuh Lukman.

Diprediksi puncak arus balik libur akhir tahun 2015 diperkirakan akan terjadi pada hari ini. Diperkirakan, banyak warga Jakarta yang menghabiskan masa liburan panjang di luar kota akan mulai memasuki wilayah perbatasan pada tengah malam nanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini