Sukses

Begini Kemenhub Antisipasi Kemacetan Arus Balik Libur Tahun Baru

Menurut Sugihardjo, pihaknya telah berkoordinasi dengan Jasa Marga agar proses transaksi di pintu tol dipercepat.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan berupaya mengantisipasi lonjakan kendaraan arus balik liburan tahun baru 2016. Diperkirakan puncak arus balik akan terjadi pada 2 hingga 3 Januari 2016.

Tak ingin kecolongan lagi seperti liburan Natal, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, menyiapkan sejumlah langkah di Tol Cikopo, Cikampek, dan Merak.

"Kita akan perhatikan titik pertemuan Tol Cipali dan Tol Cipularang. Rekayasa arus lalu lintas juga akan disiapkan," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Sugihardjo, Jakarta, Sabtu (2/1/2016).

"Sampai pemberlakuan buka tutup untuk rest area juga akan dilakukan," sambung dia.


Langkah lainnya, kata Sugihardjo, pihaknya telah berkoordinasi dengan Jasa Marga agar proses transaksi di pintu tol dipercepat.

"Siang ini cenderung sepi, jangan senang, karena bisa jadi akan penumpukan besok," ungkap dia.

Sugihardjo pun menyarankan kepada Jasa Marga, agar ada petugas pendamping untuk memberikan uang kembalian agar mempermudah pembayaran tol.

"Butuh petugas pendamping untuk memberi kembalian. Saya sarankan 2 petugas. Secepatnya, kita akan pakai sistem elektronik," tandas Sugihardjo.

Jelang libur Natal 24 Desember lalu, kemacetan panjang terjadi di sejumlah ruas tol yang menuju luar Jakarta. Bahkan, arus lalu lintas lumpuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini