Sukses

Car Free Night di Malam Tahun Baru, Ini Pengalihan Arusnya

Selama CFN, beberapa ruas jalan di Jakarta akan dialihkan. Warga diharapkan mengetahui betul jalan mana saja yang akan dialihkan.

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai hiburan disiapkan Pemprov DKI Jakarta saat malam pergantian tahun. Salah satu yang bisa dinikmati adalah car free night (CFN).

CFN tidak ubahnya seperti penyelenggaraan car free day (CFD) pada Minggu pagi. Jalan yang ditutup juga sama, yakni sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.

Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan, selama CFN beberapa ruas jalan di Jakarta akan dialihkan. Warga diharapkan mengetahui betul jalan mana saja yang akan dialihkan.

"Pengalihan jalan selama CFN akan dimulai pada 17.00-02.00 WIB. Masyarakat kami minta untuk mengantisipasi ini," kata Andri saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (30/12/2015).


700 Personel Dishub juga akan disiagakan di berbagai lokasi hiburan tak hanya di CFN. Misalnya, Ancol, TMII, Setu Babakan, Ragunan, Kota Tua, CNI, Kelapa Gading dan Monas sekitarnya. 12 Mobil derek juga siaga untuk mengantisipasi adanya kendaraan yang mogok.

"Kantong parkir yang disiapkan antara lain di GBK, IRTI Monas, Istiqlal, Lapangan Banteng dan gedung–gedung parkir di sekitar lokasi," ujar Andri.

Berikut pengalihan arus lalu lintas berkaitan dengan CFN.

Alih Arus Harmoni:
Arus kendaraan yang datang dari arah Jalan Suryo Pranoto yang ingin menuju Jalan Sudirman–Thamrin, diluruskan ke arah Jalan Juanda atau dialihkan ke kiri ke Jalan Gajah Mada maupun ke kiri Jalan KH Hasyim Ashari–Grogol–Jalan S Parman maupun Daan Mogot dan seterusnya.

Arus kendaraan yang datang dari arah Hayam Wuruk  yang ingin menuju Jalan Sudirman–Thamrin, dialihkan ke kiri menuju Jalan Juanda–Jalan Pos–Dr Sutomo–Gunung Sahari dan seterusnya.

Arus kendaraan yang datang dari arah Veteran yang ingin menuju Jalan Sudirman–Thamrin, dialihkan ke Jalan Suryo Pranoto–Tomang–Balikpapan–Kyai Caringin–Tomang Raya Jalan S Parman atau ke Jalan Gajah Mada maupun ke kiri Jalan KH Hasyim Ashari–Grogol–Jalan S Parman maupun Daan Mogot dan seterusnya.

Alih Arus Bundaran Patung Kuda:
Arus kendaraan yang datang dari arah Jalan Abdul Muis menuju Medan Merdeka Barat melalui traffic light Museum dialihkan ke Jalan Abdul Muis Fachrudin dan seterusnya.

Arus kendaraan yang datang dari arah Jalan Abdul Muis yang menuju Sudirman–Thamrin, dialihkan ke Jalan Fachrudin dan seterusnya.

Arus kendaraan yang datang dari arah Kwitang Senen yang menuju Monas, di putar balikkan di putaran balik Gunung Agung atau melalui Medan Merdeka Timur–Gambir dan seterusnya.

Alih Arus Kebon Sirih dan Sarinah:
Arus kendaraan yang datang dari arah Abdul Muis menuju Kebon Sirih dialihkan ke arah Jalan Fachrudin KH Mas Mansyur dan seterusnya.

Arus kendaraan yang datang dari arah Agus Salim dialihkan ke kanan Kebon Sirih –Tugu Tani dan seterusnya.

Alih Arus Dukuh Atas:
Arus kendaraan yang datang dari arah Sudirman menuju Thamrin, dialihkan melalui Jalan BNI 46 Galunggung–Ke Kiri Jalan Pasar Baru Timur.

Arus kaendaraan dari arah Karet Pasar Baru Timur menuju Sudirman, di luruskan ke arah Galunggung–Halimun.

Arus kendaraan yang datang dari Galunggung menuju Karet Pasar Baru Timur, di belokkan ke kiri Jenderal Sudirman.

Alih Arus Semanggi:
Arus kendaraan yang datang dari arah Gatot Subroto menuju Sudirman dialihkan ke arah Senayan–Slipi dan seterusnya.

Arus kendaraan yang datang dari arah Gatot Subroto menuju Sudirman dialihkan ke arah Blok M.

Arus kendaraan yang datang dari arah Sudirman menuju Thamrin dialihkan ke kiri ke Jalan Gatot Subroto dan seterusnya.

Arus kendaraan yang datang dari arah Gatot Subroto menuju Sudirman, diluruskan ke arah Jalan Gator Subroto–Rasuna Said maupun MT Haryono.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.