Sukses

Masuk Ring 1, Begini Pengamanan Kuta di Malam Tahun Baru

Pengamanan kali ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Liputan6.com, Denpasar - Jelang pergantian tahun 2016, Bali menjadi daerah yang bakal diserbu wisatawan lokal maupun mancanegara. Mereka diprediksi akan berkumpul dan tumpah ruah di kawasan Kuta dan Monumen Bom Bali Ground Zero.

Jajaran Polresta Denpasar pun menaruh perhatian penuh terhadap pengamanan di 2 kawasan tersebut. Daerah tersebut akan ditingkatkan statusnya masuk dalam kategori ring I.

"Kawasan pantai dan ground zero akan dipenuhi lautan manusia. Kawasan ini kita jadikan pengamanan ring I pada perayaan tahun baru nanti," kata Kapolsek Kuta Kompol Wayan Sumarna saat ditemui usai berpatroli di kawasan Kuta,Bali, Rabu (30/12/2015).

Pengamanan kali ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Banyaknya wisatawan dan tingginya jumlah kendaraan yang akan masuk kawasan Kuta membuat petugas harus menerapkan strategi berbeda.

"Perhitungan kami dari satu titik ke titik lainya sekitar 20 meter ada polisi. Berdasarkan kerawanan bisa jadi setiap 10 ada polisi. Seperti yang saya bilang tadi, Ground zero dan pantai adalah ring satu, jarak petugas akan semakin dekat," imbuh Wayan.

Ia menambahkan, selain mengatasi kemacetan, kehadiran petugas juga untuk mencegah aksi penjambretan yang sering menimpa para wisatawan, terutama turis asing. "Yang diantisipasi pasti kemacetan, yang kedua copet maupun perkelahian antarkelompok, antaranak muda dan yang paling penting adalah teroris," jelas Wayan.

Untuk pengamanan perayaan tahun baru nanti, 800 personel diterjunkan khusus untuk mengamankan wilayah Kuta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tahun baru adalah suatu perayaan di mana suatu budaya merayakan berakhirnya masa satu tahun dan menandai dimulainya tahun yang baru.

    Tahun Baru

  • Kuta

Video Terkini