Sukses

Jokowi: Papua Tempat Tepat Mengawali Upaya Mewujudkan Impian

Kapsul waktu hanya permulaan. Selanjutnya diperlukan kerja keras untuk mewujudkan seluruh impian yang ada di dalam kapsul waktu.

Liputan6.com, Papua - Papua menjadi provinsi terakhir sekaligus tempat pemberhentian final Tim Ekspedisi Kapsul Waktu. Presiden Joko Widodo menyatakan pemilihan Papua sebagai tempat peletakan kapsul waktu adalah tepat karena provinsi paling timur Indonesia itu ibarat surga kecil yang turun ke bumi.

"Tanah Papua adalah tempat yang tepat untuk mengawali upaya mewujudkan mutiara impian anak bangsa dalam kapsul waktu," ujar Jokowi dalam Peresmian Monumen Kapsul Waktu di Merauke, Papua, Rabu (30/12/2015), berdasarkan rilis yang diterima Liputan6.com.

Ia menyatakan impian-impian anak bangsa yang terkumpul dan terbungkus dalam kapsul waktu harus ditindaklanjuti dengan kerja keras. Menurut Jokowi, visi Indonesia ke depan adalah berkompetisi. Ia yakin pertarungan bisa dimenangkan asal seluruh warga negara bekerja sama dengan semangat gotong royong.

 



"Ingat, visi ke depan kita adalah visi kompetisi, visi kom..pe..ti..si.... Saya yakin dengan kerja bersama, dengan semangat gotong-royong, kita mampu memenuhi impian kita, kita mampu mewujudkan impian kita," ucap Jokowi.

Impian Anak Papua

Usai membacakan sambutan, Jokowi mendampingi 2 siswa kelas 6 Sekolah Dasar Hati Kudus, yaitu Laher Fabiola Ogilin atau Febi dan Lois Ferdinand Kombombiran atau Dedi membaca Impian Indonesia 2015-2085. Ada 7 poin impian yang dibacakan keduanya, yaitu:

1. Sumber daya manusia Indonesia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia.
2. Masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika.
3. Indonesia menjadi pusat pendidikan, teknologi dan peradaban dunia.
4. Masyarakat dan aparatur pemerintah yang bebas dari perilaku korupsi.
5. Terbangunnya infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia.
6. Indonesia menjadi negara yang mandiri dan negara yang paling berpengaruh di Asia Pasifik.
7. Indonesia menjadi barometer pertumbuhan ekonomi dunia.

Kapsul Waktu dibuat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Ayo Kerja dalam rangka memperingati 70 tahun Indonesia Merdeka, yang merupakan simbol impian, harapan, motivasi bangsa Indonesia untuk 70 tahun yang akan datang.

Merauke, sebagai tempat berakhirnya Ekspedisi Kapsul Waktu, dipilih menjadi lokasi tempat peletakan Kapsul Waktu Impian Indonesia sebagai ujung pengikat persatuan bangsa, sementara ujung satunya adalah Sabang, Aceh tempat dimulainya perjalanan Kapsul Waktu, sejak 22 September 2015.

Kapsul Waktu Impian Indonesia diletakkan di 'Monumen Kapsul Waktu: Impian Indonesia' yang dimahkotai 'Benih Impian Indonesia' sebuah wadah berbentuk benih tempat kapsul-kapsul waktu berisi impian dan harapan dari seluruh Indonesia disimpan.**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.