Sukses

Tahun Depan, Rusia Tingkatkan Perlawanan Terhadap ISIS

Rusia berharap negara-negara lain bisa ikut serta bergabung dan membantu untuk memerangi ISIS.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Rusia untuk Indonesia Mikail Galuzin mengatakan, Rusia masih akan terus memberikan perlawanan terhadap ISIS di Irak dan Suriah.

Menurut Mikail, sampai saat ini serangan Rusia sudah menghancurkan beberapa lokasi kemah militan ISIS di kedua negara tersebut.

"Di tahun mendatang kami tingkatkan usaha kami memerangi kelompok teroris ISIS. Kami terus melanjutkan usaha ini bersama dengan koalisi internasional demi menghancurkan teroris terutama mereka yang berada di Irak dan Suriah," kata Mikail kepada wartawan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (28/12/2015).

Meski begitu ia mengaku masih terdapat perbedaan pandangan antara negara Rusia dan AS serta negara Eropa lain soal kepemimpinan Presiden Bashar Al-Assad di Suriah.


Tapi, imbuh dia, hal utama yang lebih penting ialah menggabungkan usaha bersama untuk memerangi terorisme.

"Terpenting saat ini adalah untuk saling bekerjasama dan menyamakan pemahaman bersama. Perbedaan itu tidak sebanding dengan usaha untuk melawan teroris," ungkap Mikail.

Ia juga menerangkan, sampai saat ini Rusia terus menawarkan pemahaman pendapat dengan AS dan negara lainnya soal terorisme ISIS.

Namun hingga saat ini, kata Mikail, belum ada tanggapan positif kepada Rusia. Namun, pihaknya mengaku akan terus melakukan pembicaraan dengan negara partner atau koalisi lainnya untuk bersatu bersama melawan ISIS.

"Kami harap negara lain ikut bantu lawan teroris. Kami terbuka untuk kerjasama termasuk dengan Indonesia untuk koalisi lawan teroris," tandas Mikail.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.