Sukses

Akhir Hidup Napi Eks Pengawal Osama Bin Laden

Sang majikan, Osama Bin Laden tewas lebih dulu oleh pasukan khusus Amerika Serikat dalam serangan di Abbottabad, Pakistan pada Mei 2011.

Liputan6.com, Mukalla - Nasser al-Bahri seorang mantan pengawal Osama Bin Laden dilaporkan meninggal setelah lama sakit. Informasi itu didapat dari sumber-sumber medis di Yaman kepada BBC.

"Bahri, seorang warga negara Yaman, meninggal hari Sabtu 26 Desember di sebuah rumah sakit di kota selatan Mukalla," demikian diungkapkan mereka seperti dikutip dari BBC, Sabtu (28/12/2015).

Bahri diyakini berusia 40 tahun. Pria yang juga dikenal sebagai Abu Jandal ini juga merupakan supir untuk pemimpin Al Qaeda Osama bin Laden, ketika dia berada di Afghanistan.

Mantan napi ini dibebaskan dari penjara Teluk Guantanamo dan kembali ke Yaman pada tahun 2008.

Bahri terlibat dalam berbagai serangan oleh militan ekstrem Islam di Bosnia, Somalia dan Afghanistan selama tahun 1990-an, tetapi kemudian meninggalkan Al Qaeda.

Dalam sebuah wawancara dengan program Newsnight BBC tahun 2010, Bahri memperingatkan bahwa orang-orang muda di kota asalnya, Yaman rentan terhadap iming-iming ekstremisme.

Sang majikan, Osama Bin Laden tewas lebih dulu oleh pasukan khusus Amerika Serikat dalam serangan di Abbottabad, Pakistan pada Mei 2011.

Sementara Abdul Shalabi yang disebut-sebut sebagai body guard Osama bin Laden, dilaporkan telah dipindahkan dari Guantanamo. Namun tak disebutkan penjara mana yang menjadi tempat transfer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.