Sukses

Antisipasi Macet Cikopo, Polwan Akan Bantu Petugas Jasa Marga

Penumpukan kendaraan arus balik libur panjang diprediksi terjadi di gerbang Tol Cikopo sore ini.

Liputan6.com, Jakarta - Arus balik libur panjang Natal diprediksi terjadi Minggu (27/12/2015) sore ini. Kemacetan pun diperkirakan melanda beberapa titik, salah satunya pintu Tol Cikopo. Begini cara pihak kepolisian menyiasati antrean panjang kendaraan.

Gerbang Tol Cikopo adalah pintu masuk kendaraan yang menghubungkan kendaraan yang hendak menuju Jakarta dan sekitarnya. Ruas ini merupakan jalur favorit mereka yang hendak menuju Pantura atu Tol Palimanan, khususnya saat musim mudik dan libur panjang.

Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat Komisaris Besar Sugihardi mengatakan, penumpukan diprediksi terjadi di gerbang Tol Cikopo sore ini. Mengingat hari ini adalah hari terakhir libur panjang.


"Sudah kita siapkan petugas yang berjaga di setiap gerbang tol," kata Sugihardi kepada Liputan6.com, Minggu (27/12/2015).

"Untuk di Cikopo kita terjunkan Polwan bantu petugas Jasa Marga untuk menukar pembayaran, biar cepat dan menghindari antrean panjang," Sugihardi menambahkan.

Rest area yang kerap menjadi biang antrean kendaraan nantinya juga akan dilakukan pola contra flow, misalnya rest area di KM 62.

"Nanti kita ambil ruas yang dari Jakarta untuk contra flow, sehingga tidak ada antrean kendaraan yang ingin memasuki rest area km 62," jelas Sugihardi.

Selain pengaturan lalu lintas, Polda Jabar juga menyiapkan posko-posko yang dapat membantu para pengendara, misalnya posko kesehatan dan pengecekan kendaraan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini