Sukses

Ini Imbauan Kapolda Tito Bagi Pengendara Arus Balik Libur Natal

Puncak arus balik libur Natal diperkirakan akan terjadi pada hari Minggu. Volume kendaran akan mengalami.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya, Irjen Tito Karnavian mengingatkan kepada para pemudik untuk lebih mempersiapkan segala keperluannya saat kembali ke Jakarta.

Tito meminta, pemudik tidak lupa mengecek kondisi kendaraan yang akan digunakan untuk diperjalanan pulang ke Jakarta. Diantaranya, soal kesiapan bahan bakar. Hal ini, sambung dia, penting dilakukan agar para pemudik tidak bergantung pada SPBU di tol untuk mengisi bahan bakar.

"Kalau semua berpikir mengisi di tol, bayangkan kemacetan akan luar biasa akan terjadi di ruas tol. Jadi upayakan kondisi BBM penuh," kata Tito di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (26/12/2015).


Tito juga berharap pengemudi tidak berhenti di bahu jalan baik untuk istirahat maupun sekedar ke toilet. Nantinya, hal itu dapat mengganggu arus lalu lintas bila terjadi penumpukan kendaraan.

"Kalau berhenti di bahu jalan akan langsung membuat kemacetan. Jadi tolong kendaraan jangan sampai dan hindari berhenti di bahu jalan dengan alasan apaapun," tegas Tito.

Selain itu, Tito juga meminta kepada pengemudi kendaraan besar khususnya truk yang bukan mengangkut BBM dan sembako untuk tidak melintas di jalan tol pada 27 dan 28 Desember 2015 besok.

"Mengingat puncak arus balik libur Natal diperkirakan akan terjadi pada hari Minggu. Kalau bisa menghindari jalan tol, supaya tidak terjebak arus balik," tandas Tito.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini