Sukses

Kebakaran Hutan Saat Natal, 1.600 Warga Dievakuasi

Ratusan petugas berusaha memadamkan api yang berkobar sepanjang Great Ocean Road di barat daya Victoria pada Jumat 25 Desember 2015.

Liputan6.com, Victoria - Kebakaran hutan pada Hari Natal di Australia menghanguskan sebanyak 53 rumah di negara bagian Victoria.

Ratusan petugas berusaha memadamkan api yang berkobar sepanjang Great Ocean Road di barat daya Victoria pada Jumat 25 Desember 2015, bertepatan saat Natal.

Suhu yang turun dan hujan membantu mengurangi ancaman kebakaran yang meluas, namun beberapa peringatan darurat masih berlaku.

Sejauh ini tak ada laporan korban luka atau tewas. Namun pemerintah sudah mengevakuasi 1.600 warga setempat dan turis dari Lorne yang populer sebagai tujuan wisata pada Jumat, khawatir perubahan arah angin akan membawa api ke kota.

Namun mereka sudah diperbolehkan kembali pada hari Sabtu. Banyak dari mereka yang mengungsi dan merayakan Natal di tenda-tenda penampungan.

Lebih dari 500 pemadam kebakaran, 60 tanker, dan 18 pesawat diturunkan sepanjang malam untuk memadamkan api yang terus mendekat ke permukiman warga.

Komisaris Manajemen Darurat Victoria, Craig Lapsley mengatakan, mereka bekerja sepanjang waktu untuk memadamkan api. Dia memperingatkan, meskipun ancaman langsung telah mereda, masih ada potensi api masih menyala selama dalam beberapa pekan yang akan datang.

Ribuan turis biasanya datang setelah Hari Natal untuk mengunjungi kota di pinggir pantai tersebut. Namun banyak penduduk dan pengunjung yang terpaksa menyelamatkan diri. Perayaan pun harus ditinggalkan karena ancaman bencana menjadi semakin besar.

"Mereka (penduduk) sudah siap dengan panggangan, memasak, dan tiba-tiba mereka melihat asap dari balik bukit," kata penduduk setempat Patrick Carey seperti dikutip dari BBC, Sabtu (26/12/2015).

"Dari informasi yang mereka dapat, mereka pikir api masih 4 jam jaraknya. Tapi tiba-tiba sudah sejam lagi, dan tiba-tiba tinggal 30 menit. Jadi mereka meninggalkan semuanya, berhenti memasak, dan naik mobil."

Siapapun yang masih berusaha menuju area tersebut diminta untuk mengecek peringatan darurat dan menghindari Great Ocean Road.

"Festival Falls Music and Arts yang digelar dekat Lorne terancam batal karena kebakaran," kata penyelenggara.

"Api sudah membakar area seluas 2.200 hektare," jelas pihak berwenang.

Victoria adalah salah satu area paling rawan terbakar di dunia. Banyak kebakaran hutan berawal dari kilat, percikan api yang tak sengaja dari orang berkemah, atau puntung rokok yang dibuang.

Beberapa kejadian berawal dari perilaku manusia yang sengaja membakar. Pada 2009, lebih dari 170 orang tewas di Victoria dalam kebakaran hutan terburuk di Australia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.