Sukses

Jalur Menuju Puncak Dibuka, Kendaraan Masih 'Parkir' di Tol Ciawi

Kemacetan lalu lintas mengular dari pintu Tol Ciawi hingga Tanjakan Selarong, Kecamatan Megamendung.

Liputan6.com, Jakarta - Jalur menuju kawasan Puncak, Kamis (24/12/2015) kembali dibuka pada pukul 11.00 WIB. Meski demikian, kemacetan lalu lintas sepanjang lebih dari 8 kilometer dari arah pintu tol Ciawi belum kunjung surut.

Dari pantauan CCTV Pos Gadog, arus kendaraan menuju Puncak masih tersendat. Kecepatan kendaraan tidak lebih dari 5 km/jam, selepas dibukanya kembali jalur tersebut. Terlihat kemacetan lalu lintas mengular dari pintu Tol Ciawi hingga Tanjakan Selarong, Kecamatan Megamendung.
 
Jarak dari pintu Tol Ciawi ke Tanjakan Selarong diperkirakan mencapai lebih dari 8 kilometer. Padahal, mereka sudah menunggu lebih dari 3 jam untuk bisa menuju puncak sejak ditutupnya jalur menuju puncak pukul 08.00 tadi pagi.

"Jadi rekreasi di jalan mas," ujar Saputran salah seorang pengendara yang hendak menuju puncak di Simpang Gadog, kepada Liputan6.com, Kamis (24/12/2015).

Sementara, di Puncak KM 81 atau Simpang Citeko dan Megamendung serta Pos Polisi Cisarua terpantau padat. Deretan angkot dan mobil pribadi serta roda dua dari arah Bogor rata-rata melaju dengan kecepatan 40 kilometer per jam.

Lebih parah dari jalur Tol Ciawi, arus kendaraan dari arah Perempatan Ciawi sempat 'parkir' atau terhenti total saat jalur menuju puncak ditutup hingga dibukanya kembali jalur menuju arah Puncak.

Volume kendaraan yang mengarah ke puncak di musim libur panjang ini membuat ruas mengarah ke puncak macet total (Liputan6.com/Achmad Sudarno).
Sedangkan, di Pos Pol Taman Safari dari arah Jakarta, arus kendaraan masih tampak lancar. Kendaraan melaju dengan jarak sekitar 3 meter antar kendaraan. Dan kecepatan rata-rata kendaraan tersebut sekitar 40-60 kilometer per jam.

Diperkirakan arus menuju Puncak ini masih akan terus berlangsung hingga sore hari. Setelah itu baru akan terjadi puncak arus balik pada pukul 16.00 Wib.

"Arus balik dari puncak ini, dengan keadaan sekarang bisa sampai malam berlangsungnya," ujar Kanit Regiden Satlantas Polres Bogor Iptu Yulita Heriyanti, di Pos Polisi Simpang Gadog.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini