Sukses

49 Kapal Roro Siap Layani Saat Puncak Liburan Natal di Merak

Menghadapi puncak libur Natal dan Tahun Baru, posko gabungan pun didirikan di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten.

Liputan6.com, Cilegon - Guna mengantisipasi malam puncak libur Natal yang diprediksi jatuh Kamis besok, 49 kapal roll on-roll off (Ro-Ro) akan dioperasikan PT Angkutan Sungai, Danau, dan Pelabuhan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak, Banten.

"Lima dermaga kami maksimalkan. Dari total 49 unit kapal feri yang siap beroperasi di lintasan Merak-Bakauheni, kapal ASDP ada 7 unit yang siap melayani. Kami pastikan semua kapal juga laik laut, karena telah melalui uji petik," ucap General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Yanus Lentanga di Kota Cilegon, Banten, Rabu (23/12/2015).

Meski begitu, cuaca ekstrem di perairan Selat Sunda akan sedikit mengganggu pelayanan penyeberangan dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni atau sebaliknya.

Karena itu, posko gabungan didirikan di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten. Terdiri dari unsur Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Otoritas Pelabuhan Penyeberangan (OPP), PT ASDP, Kesehatan Pelabuhan, Jasa Raharja, dan pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Tapi yang penting, kami terus melakukan koordinasi. Kami menyediakan posko gabungan," ujar Yanus.

Bahkan, guna mengantisipasi adanya ancaman teror dari kelompok radikal seperti Negara Islam Suriah dan Irak (ISIS) saat libur Natal dan Tahun Baru, sebanyak 425 personel gabungan yang terdiri dari aparat kepolisian, TNI, dan petugas lainnya.

"Karenanya kami bekerja sama dengan Polda Banten, Polres Cilegon, dan TNI AL, dari lainnya," tutup Yanus Lentanga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini