Sukses

Survei Terbaru: Donald Trump Tak Mampu Kalahkan Hillary

Trump boleh saja berjaya hadapi lawan-lawannya sesama Republik, namun tidak dengan 'orang nomor satu' Demokrat.

Liputan6.com, Washington DC - Sebuah hipotesis menjelaskan bahwa Donald Trump bisa saja menang suara kalau ia berhadapan dengan dua kandidat Partai Republik, Ted Cruz dan Marco Rubio. Namun, sebuah survei yang dilakukan oleh Reuters/Ipsos pada Senin 21 Desember 2015 mengatakan bahwa ia tak mampu menghadapi Hillary Clinton apabila pemilihan umum diadakan pada hari ini.

Menurut polling itu, jika Trump berhadapan dengan Cruz, miliuner itu akan memenangkan 41 persen suara Republik dan independen. Sementara itu, Cruz akan mendapatkan suara 31 persen dan 28 persen sisanya tidak akan memilih keduanya.

Jika Trump berhadapan dengan Senator Florida Marco Rubion, pengusaha properti kaya raya itu akan mendapat suara 40 persen baik dari Partai Republik maupun suara independen. Rubio akan mendapat suara 34 persen dan 27 persen lainnya memilih untuk tak memberikan suara kepada keduanya.

Cruz dan Rubio sekarang berada di peringkat kedua dan keempat diantara kandidat Republik, menurut polling tersebut.

Meskipun Donald Trump menjadi 'nomor satu' di antara kandidat partai berlambang gajah itu, namun ia bakal kalah kelak jika berhadapan dengan Hillary Clinton. Jika pemilihan presiden diadakan hari ini, Hillary meraih suara 40 persen dari seluruh pemilih baik Republik, Demokrat maupun independen. Sementara itu, Trump hanya meraih suara 29 persen.

Menurut survei tersebut, 8 persen responden mengatakan tidak tahu siapa yang harus mereka dukung, apakah mantan menteri luar negeri AS atau pengusaha real estate. 14 persen mengatakan mereka tidak akan memilih salah satu dari keduanya, dan 9 persen mengatakan mereka tidak akan memberikan suara dalam pemilu.

Polling tersebut diadakan pada 16 hingga 21 Desember dengan 1.627 pemilih.

Saksikan juga video berita berbahasa Inggris 'Weekly Highlights' Liputan6.com berjudul 'Donald Trump vs World'.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.