Sukses

Masinton PDIP Kritisi Peran JK

Kegaduhan yang disebabkan JK dapat dilihat dari 3 kasus, pembangunan listrik 35 ribu MW, kasus Pelindo II dan Freeport.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi III DPR Masinton Pasaribu menilai setahun pemerintahan Jokowi-JK lebih banyak diisi dengan kegaduhan di bidang politik dan ekonomi.

Masinton menuduh, biang dari kegaduhan itu ada di Wakil Presiden Jusuf Kalla. diakui dia, selama 1 tahun 2 bulan ini JK selalu ada di pusaran kegaduhan republik ini.

"Kalau gaduhnya masih di lingkar program ya menarik. Tapi kalau gaduhnya sekarang ini sesama pemburu rente. Bahaya juga kalau model gaduh kaya gini," kata Masinton, dalam diskusi rilis survei Polcomm Institute bertema Kinerja Satu Tahun Pemerintahan Jokowi-JK, di Jakarta, Minggu (20/12/2015).

 



Masinton menjelaskan, kegaduhan yang disebabkan JK dapat dilihat dari 3 kasus, yaitu gaduh dalam pembangunan listrik 35 ribu MW, gaduh dalam kasus Pelindo II dan gaduh dalam kasus perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia.

"Ketika Pelindo digeledah, Dirut yang tersangka itu telepon sana-sini. Lalu Kabareskrim d‎icopot, ya JK juga. Freeport ya JK juga. Penyelesaiannya gimana, ya reshuffle," tandas Masinton.

Masinton juga mendesak agar Jokowi bisa mengevaluasi wapresnya Jusuf Kalla. "Ya JK kalau modelnya gitu, harus dievaluasi," tegas Masinton.

Masinton juga menyayangkan keponakan JK, Erwin Aksa, yang bertemu Chairman Of The Board Freeport McMoran Inc, James R Moffet. Ia klaim ada pasti ada campur tangan JK dalam pertemuan itu.

"Soeharto dikritik dan mulai dilawan ketika anak-anaknya bisnis dan bisnis itu menggunakan pengaruh bapaknya," tandas Masinton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.