Sukses

57 Pesawat Tempur TNI AU 'Gempur' Yogyakarta

57 pesawat tempur akan mengitari Yogyakarta selama 2 hari.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam 2 hari ini, langit Yogyakarta akan dipenuhi pesawat tempur milik TNI Angkatan Udara. Sepanjang 19-20 Desember 2015, Landasan Udara Adisutjipto akan menjadi saksi kekuatan TNI AU dengan hadirnya 57 pesawat tempur canggih T50i, F16, dan Sukhoi.

Kepala Penerangan dan Perpustakaan Pangkalan TNI AU Adisutjipto Mayor Sus Hamdi Londong mengharapkan kehadiran masyarakat Yogyakarta, untuk melihat pesawat baru kebanggaan TNI AU dan bangsa Indonesia.

Dalam aksi pamer ini, TNI AU akan unjuk kebolehan pesawat Dinamic Pegasus, Jupiter Aerobatik Team (JAT) yang akan beratraksi dalam acara Adi Sutjipto Air Force Open Base.

"Bahkan jika beruntung akan diberi kesempatan untuk terbang joy flight keliling Yogya," ujar Londong di Lanud Adisutjipto, Yogyakarta, Sabtu (19/12/2015).

Londong mengatakan, hari ini acara dibuka oleh Gubernur DIY Sultan HB X. Diikuti atraksi pesawat Su-30, T50 dan The Jupiter.


Warga pun antusias ingin melihat pertunjukan puluhan pesawat tempur itu. Akibatnya, ribuan warga memenuhi 2 pintu masuk ke Lanud Adisutjipto seperti di Pos Karangjambe museum Dirgantara dan Jalan Yogyakarta Solo. Bahkan arus lalu lintas di pintu masuk menjadi macet.

"Ada juga car custom festival, lomba hunting photo dan selanjutnya besok, Jupiter Runway Fun Run (JRFR) dan aksi terjun payung, drumband dan F16, Pegassus JAT dan banyak lagi," ujar Londong.

Sementara itu Rizal, warga Yogyakarta mengaku senang dengan atraksi ini. Pasalnya ia dapat mendekati pesawat tempur milik TNI AU. Hal ini, menurut dia, sebagai bentuk kebanggaan rakyat Indonesia memiliki pesawat tempur yang canggih.

"Senang dan baru pertama kali masuk sini bisa liat pesawat dari dekat. Pokoknya senang saja bisa nikmati aerobatik pesawat Jupiternya. Bagus banget," ujar Rizal.

 

*Saksikan juga video Jenderal Bank bernyanyi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.