Sukses

Mereka yang 'Kecewa' Johan Budi dan Busyro Tak Lagi Pimpin KPK

Dalam pemilihan yang dilakukan Komisi III, Johan Budi memperoleh 25 suara, sedangkan Busyro hanya memperoleh 2 suara.

Liputan6.com, Jakarta - Lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang baru telah ditunjuk Komisi III DPR. Kelima nama tersebut pun siap diumumkan dalam rapat paripurna.

Namun dari 5 nama yang telah terpilih, tidak ada nama Johan Budi dan Busyro Muqoddas, yang berpredikat sebagai petahana. Banyak anggota Komisi III yang menyayangkan hal itu.

"Prediksi kita Johan Budi bisa masuk, yang memahami anatomi KPK selama ini. Sayang dia kalah tipis," ujar Wakil Ketua Komisi III Trimedya Pandjaitan di Gedung DPR, Jakarta, Kamis 17 Desember 2015 malam.

Hal senada diungkapkan Politikus Demokrat Ruhut Sitompul. Dia menyatakan lebih baik ada orang lama, agar bisa langsung berkesinambungan

"Lebih bagus ada satu kesinambungan. Ada orang lama. Dari 5 orang, satu pun enggak dapat. Tapi enggak apa-apa," ungkap Ruhut.

Sementara, politikus PPP Arsul Sani menilai reputasi Johan Budi cukup baik selama berada di Jalan Kuningan C1 tersebut. Namun begitu, masyarakat tak boleh apatis terhadap 5 pimpinan KPK yang baru.

"Sebenarnya Johan Budi itu tidak jelek. Tapi jangan juga masyarakat mengatakan 'kok yang terpilih kayak gitu', enggak boleh seperti itu. Dulu Abraham Samad, Adnan Pandu, rangking di bawah. Toh mereka bekerja dengan baik," pungkas Arsul.

Dalam pemilihan yang dilakukan Komisi III, Johan Budi memperoleh 25 suara, sedangkan Busyro hanya memperoleh 2 suara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini