Sukses

AS Kucurkan US$ 250 Juta untuk Program Perubahan Iklim RI

Dana tersebut akan dikucurkan selama 5 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Amerika Serikat mengumumkan, bakal mengucurkan dana sebesar US$ 250 juta untuk program perlindungan lingkungan hidup dan ketahanan bencana di Indonesia.

Dana tersebut akan dikucurkan selama 5 tahun. Pengucuran dana ini pun dilakukan melalui Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID).

Pengucuran dana ini disambut baik oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert Blake. Dia menyatakan, uang dalam jumlah besar ini diberikan Negeri Paman Sam agar perubahan iklim harus segera ditangani.

"Perubahan ikilm merupakan salah satu tantangan paling serius dan mendesak yang dihadapi kita semua saat ini," ucap Blake di kediamannya di Jakarta, Rabu (16/12/2015).

"Sebagai pejabat pemerintah warga negara, orangtua, kita semua mempunyai alasan untuk mengatasi tantangan ini dan mengambil tindakan untuk mengurangi bahaya meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer bumi dan dampak negatifnya bagi kehidupan kita," sambung dia.

Rencananya, lembaga AS USAID akan bermitra dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk mengawasi program ini. Sejumlah kementerian terkait seperti Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perikanan dan Kelautan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutan juga akan diikutsertakan dalam program tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.